JudulPENGARUH IKLAN, HARGA DAN PERSONAL SELLING TERHADAP MINAT MASYARAKAT MEMBELI ASET MELALUI LELANG PADA KANTOR PELAYANAN KEKAYAAN NEGARA DAN LELANG PALU |
Nama: SUGENG |
Tahun: 2020 |
Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh iklan, harga dan personal selling secara serempak terhadap minat masyarakat membeli aset melalui lelang pada Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Palu, 2) Untuk mengetahui pengaruh iklan terhadap minat masyarakat membeli aset melalui lelang pada Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Palu, 3) Untuk mengetahui pengaruh harga terhadap minat masyarakat membeli aset melalui lelang pada Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Palu, dan 4) Untuk mengetahui pengaruh personal selling terhadap minat masyarakat membeli aset melalui lelang pada Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Palu. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kota Palu yang mengetahui dan mengerti tentang pelaksanaan lelang serta berminat mengikuti lelang yang dilaksanakan oleh KPKNL Palu. Mengingat besarnya populasi dalam penelitian ini tidak diketahui, maka besarnya sampel ditentukan menurut Hair (dalam Ferdinand, 2006:48) sebanyak 97 orang dengan menggunakan metode purposive sampling. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kausal dengan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel iklan, harga dan personal selling berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat masyarakat membeli aset melalui lelang pada Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Palu. Dan secara bersamasama variabel iklan, harga dan personal selling berpengaruh terhadap minat masyarakat membeli aset melalui lelang pada Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Palu sebesar 25,4% sedangkan sisanya sebesar 74,6% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. Kata Kunci : Iklan, Harga, Personal Selling dan Minat Membeli |