JudulPENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJARGEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 5 PALU |
Nama: MEGAWATI |
Tahun: 2020 |
Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh model pembelajaran PBL dan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa tentang geografi, Pengaruh motivasi antara model pembelajaran dengan motivasi belajar siswa terdapat hasil belajar siswa pada materi geografi, Pengaruh model pembelajaran PBL dan model pembelajaran konvensional bagi kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, terdapat hasil belajar siswa pada materi geografi, Pengaruh model pembelajaran konvensional dan model pembelajaran PBL, bagi kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, terhadap hasil belajar siswa pada materi geografi. Yang menjadi Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS1 dengan jumlah siswa 30 orang dijadikan sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS2 dengan jumlah siswa 32 orang sebagai kelas kontrol. Desain penelitian berbentuk quasi eksperimen 2 x 2. Variabel perlakuan adalah model pembelajaran dan variabel atribut adalah motivasi belajar, sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar geografi. Pengujian hipotesis menggunakan ANAVA dua jalan dengan sel tak sama untuk taraf signifikansi 5%. Hasil analisis pengaruh hasil belajar pada model Problem Based Learning dan model konvensional dibuktikan dengan nilai uji statistik di mana Fhitung = 5,070 dan Ftabel = 4,32 atau Ho ditolak artinya terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas Problem Based Learning dengan kelas konvensional. Nilai uji statistik hasil belajar yaitu F hitung = 23,15 dan Ftabel = 4,32 atau Ho ditolak artinya terdapat perbedaan antara siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah. Nilai uji statistik interaksi antara motivasi dengan model pembelajaran di mana Fhitung = 0,08 dan Ftabel = 4,32 atau Ho diterima artinya tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi belajar pengaruhnya terhadap hasil belajar. Kata kunci: Model Pembelajaran, motivasi, dan hasil belajar. |