Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH MODEL PENEMPATAN DUDUK SISWA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 4 KALUKUBULA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF
Nama: NURYATIN
Tahun: 2020
Abstrak
Peneltian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model penempatan duduk siswa terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SDN 4 kalukubula pada pembelajaran tematik integrative. Penelitan ini mengunakan penelitian eksperimen semu (quasy experiment). Jenis data dalam penelitian ini meliputi : (1) Data tes hasil belajar siswa dan hasil angket motivasi, (2) data observasi pembelajaran meliputi, aktivitas guru dan aktivitas siswa saat pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan pada saat proses pembelajaran terdapat pengaruh penempatan duduk siswa dimana motivasi belajar siswa saat pembelajaran menggunakan model penempatan duduk tradisional sebesar 50?lam kategori cukup hasil ini lebih renda bilah dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan model penempatan duduk “U” dimana presentase rata-ratanya mencapai 71?lam kategoti baik. Penerapan model penempatan duduk ”U” pada mata pelajaran tematik kelas V SDN 4 Kalukubula mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan uji hipotesis yang menunjukan bahwa nilai Sig (2-tailled)= 0,000<0,05. Oleh karena signifikasi lebih kecil dari 0,05, maka dapat diputuskan H1 diterima dan H0 ditolak, artinya terdapat pengaruh penempatan duduk siswa terhadap hasil belajar siswa yang menggunakan penempatan duduk ”U” dalam pembelajaran tematik integratifdi kelas V SDN 4 kalukubula. Kata Kunci : model penempatan duduk siswa, motivasi belajar, hasil belajar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up