JudulKARAKTERISTIK TUTURAN ANAK DI TK ASNUR BTN LASOANI |
Nama: NURIANY LONDOL |
Tahun: 2020 |
Abstrak Permasalahan pada penelitian ini adalah 1. Bagaimana bentuk tuturan anak di TK Asnur kelas B1 BTN Lasoani? 2. Bagaimana karakter tururan anak di TK Asnur kelas B1 BTN Lasoani?. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan 1. Bentuk tuturan anak di TK Asnur kelas B1 BTN Lasoani. 2. Karakter tururan anak di TK Asnur kelas B1 BTN Lasoani. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Setting dan subjek penelitian ini adalah anak di TK Asnur BTN Lasoani. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah melalui proses observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu pengumpulan data, seleksi data, penarikan kesimpulan, pengabsaan data dan paparan data. Hasil penelitian ini mengenai bentuk tuturan anak di TK Asnur BTN Lasoani yaitu bentuk tuturan langsung dan tuturan tidak langsung. Bentuk Tuturan langsung yaitu bentuk perintah, bentuk permintaan, bentuk larangan, bentuk peryataan, bentuk pertanyaan. Bentuk tuturan tidak langsung yaitu tuturan meminta dengan modus bertanya, tuturan memberitahukan dengan modus bertanya, tuturan mengajak dengan modus bertanya, dan tuturan memohon dengan modus bertanya. Kata Kunci: Karakteristik, tuturan anak. TK. |