Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT PADA PELAYANAN PUSKESMAS PANGI KECAMATAN PARIGI UTARA KABUPATEN PARIGI MOUTONG
Nama: WINA YULIANDARI EKA PRATIWI
Tahun: 2025
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) terhadap pelayanan di Puskesmas Pangi Kecamatan Parigi Utara Kabupaten Parigi Moutong. IKM merupakan salah satu tolok ukur dalam mengevaluasi kualitas pelayanan publik yang diberikan kepada masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan jumlah responden sebanyak 100 orang yang dipilih melalui teknik accidental sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner berdasarkan 9 indikator sesuai Permenpan RB No. 14 Tahun 2017, yaitu: Persyaratan, Sistem, Mekanisme dan Prosedur, Waktu Penyelesaian, Biaya/Tarif, Spesifikasi Jenis Pelayanan, Kompetensi Pelaksana, Perilaku Pelaksana, Penanganan Pengaduan Saran dan Masukan, serta Sarana dan Prasarana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Indeks Kepuasan Masyarakat Puskesmas Pangi diperoleh sebesar 3,46 dengan nilai konversi IKM 86,54 berada pada kategori “Baik”. Akan tetapi, masih terdapat beberapa indikator dengan kategori kurang baik diantaranya, indikator Waktu Penyelesaian (pelayanan tepat waktu : 2,77; waktu tunggu singkat : 3,03), indikator Penanganan Pengaduan Saran dan Masukan (penyelesaian masalah yang cepat : 3,02), Sarana dan Prasarana (kantin puskesmas yang bersih : 2,94). Penelitian ini merekomendasikan adanya upaya perbaikan kualitas pelayanan, terutama dalam hal ketepatan waktu dan sikap petugas, guna meningkatkan kepuasan masyarakat secara menyeluruh.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up