Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulHubungan Pengetahuan Dan Dukungan Keluarga Dengan Kesiapan Menarche Pada Siswi Berkebutuhan Khusus (Disabilitas) Di SLB Kota Palu
Nama: DWI FIDYA. M
Tahun: 2025
Abstrak
ABSTRAK DWI FIDYA. Hubungan Pengetahuan Dan Dukungan Keluarga Dengan Kesiapan Menarche pada siswi Berkebutuhan Khusus (Disabilitas) di SLB Kota Palu Peminatan Kesehatan Reproduksi Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Tadulako Menarche membuat sebagian remaja putri takut dan khawatir karena menganggap perdarahan menstruasi adalah suatu penyakit. Menarche remaja dapat menyebabkan kecemasan. Banyak remaja yang menganggap menarche sebagai hal yang menakutkan karena menarche akan menimbulkan rasa tidak nyaman, nyeri, pusing, dan sebagainya. Namun, permasalahan ini menjadi jauh lebih kompleks pada siswi berkebutuhan khusus (disabilitas), Banyak anak disabilitas, terutama disabilitas intelektual atau sensorik, memiliki keterbatasan dalam menerima, memahami, dan merespons informasi seputar pubertas. Hasil wawancara langsung dengan para guru mengungkapkan bahwa belum adannya tindakan preventif berupa penyuluhan terkait topik menstruasi dari instansi kesehatan setempat mengenai menstruasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan dukungan keluarga dengan kesiapan menarche pada siswi berkebutuhan khusus (disabilitas) di SLB Kota Palu. Jenis Penelitian adalah kuantitaif dengan pendekatan cross sectional, penelitian ini menggunakan total populasi orang tua yang mempunyai anak bersekolah di SLB Kota Palu yang telah mengalami menstruas? sebanyak 52 orang. Pengumpulan data menggunakan kuisioner, analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat dengan 95% Cl (a =0,05). Hasil uji chi-square didapatkan bahwa ada hubungan antara variabel pengetahuan (p-value-0,013), dukungan keluarga (p-value 0,000) dengan kesiapan menarche siswi berkebutuhan khusus (Disabilitas) di Kota Palu. Disarankan kepada masyarakat, khususnya keluarga yang memiliki anak disabilitas, agar lebih memperhatikan dan mempersiapkan anak dalam menghadapi menarche Edukasi yang diberikan perlu disesuaikan dengan jenis disabilitas, keluarga diharapkan menjadi pendamping utama yang aktif membern pemahaman dan dukungan psikologis agar anak siap menghadapi menarche. Kata Kunci: Pengetahuan, Dukungan Keluarga, Kesiapan Menarche, Disabilitas

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up