Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulHubungan Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Pada Peserta BPJS PBI Di Rumah Sakit Bhayangkara Palu
Nama: ANDI NIKMAL
Tahun: 2025
Abstrak
Kualitas pelayanan Rumah Sakit merupakan derajat kemampuan Rumah Sakit dalam memberikan pelayanan dan produk yang memenuhi kebutuhan pasien Rumah Sakit sesuai dengan harapan yang di inginkan. Untuk menilai kualitas pelayanan kesehatan, terdapat 5 dimensi meliputi Responsiveness (daya tanggap), Assurance (jaminan), Tangibility (bukti fisik), Emphaty (perhatian), dan Reliability (kehandalan) – yang bisa disingkat sebagai RATER. Masalah kualitas layanan yang dirasakan pasien berupa layanan yang tidak konsisten sehingga akan berdampak pada kualitas layanan yang buruk. Kualitas layanan yang buruk dapat berdampak pada jumlah kunjungan pasien, sehingga mempengaruhi keuntungan fasilitas kesehatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan Kesehatan terhadap kepuasan pasien rawat jalan pada peserta BPJS PBI di Rumah Sakit Bhayangkara palu. Jenis penelitian yaitu kuantitatif dengan pendekatan cross sectional, besar sampel menggunakan rumus Slovin dan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Total sampel sebanyak 97 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan uji Chi Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat jalan pada peserta BPJS PBI di Rumah Sakit Bhayangkara palu dari dimensi daya tanggap (p=0,013), jaminan (p=0,001), bukti fisik (p=0,000), empati (p=0,017), dan kehandalan (p=0,013). Adapun saran dalam penelitian ini adalah diharapkan untuk rumah sakit Bhayangkara palu lebih memperhatikan dan meningkatkan kualitas pelayanannya.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up