Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DENGAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) DI PUSKESMAS KASIMBAR KABUPATEN PARIGI MAUTONG
Nama: MUTMAINA
Tahun: 2025
Abstrak
Penilaian pasien terhadap Puskesmas dipengaruhi oleh kualitas pelayanan yang diberikan. Pada tahun 2024, Puskesmas Kasimbar Kabupaten Parigi Moutong mencatat 9.821 kunjungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesesuaian antara kinerja dan harapan pasien terhadap kualitas pelayanan dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA). Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan analisis deskriptif. Jumlah sampel ditentukan dengan rumus Slovin sebanyak 99 responden, yang diperoleh melalui teknik accidental sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan metode IPA untuk memetakan atribut pelayanan ke dalam empat kuadran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat satu atribut yang masuk dalam Kuadran I (Prioritas Utama), yaitu perhatian perawat terhadap pasien (P8). Hal ini berarti atribut tersebut memiliki tingkat kepentingan yang tinggi, namun kinerjanya masih rendah sehingga perlu segera dilakukan perbaikan. Saran penelitian ini adalah agar pihak Puskesmas meningkatkan kinerja pada atribut yang berada di Kuadran I sehingga kepuasan pasien terhadap pelayanan dapat meningkat dan masyarakat dapat memanfaatkan layanan kesehatan secara optimal. Kata Kunci: kepuasan Pasien, kualitas pelayanan, metode IPA

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up