JudulHUBUNGAN KARAKTERISTIK PASIEN DENGAN KEPUASAN PELAYANAN DI UNIT RAWAT JALAN UPT RSUD UNDATA PROVINSI SULAWESI TENGAH |
Nama: YULIANA LAHAY |
Tahun: 2025 |
Abstrak ABSTRAK Yuliana Lahay. Hubungan Karakteristik Pasien dengan Kepuasan Pelayanan di Unit Rawat Jalan UPT RSUD UNDATA Provinsi Sulawesi Tengah (dibawah bimbingan Novi Inriyanny Suwendro) Departemen Administrasi dan Kebijakan Kesehatan Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Tadulako Palu Kepuasan pasien adalah tolok ukur krusial bagi kualitas layanan kesehatan. Faktor- faktor seperti usia, jenis kelamin, pendidikan, penghasilan, dan pekerjaan pasien dapat membentuk harapan serta persepsi mereka terhadap pelayanan yang diterima. Tingkat kepuasan ini sangat bergantung pada kesesuaian antara harapan dan kenyataan layanan. Peraturan Menteri Kesehatan RI tahun 2016 menargetkan kepuasan pasien minimal 95%. Namun, Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) di UPT RSUD UNDATA Provinsi Sulawesi Tengah masih di angka 80,08% jauh lebih rendah dibanding rumah sakit pemerintah lainnya, sehingga menunjukkan adanya kesenjangan. Penelitian ini bertujuan mengkaji hubungan antara karakteristik pasien dengan tingkat kepuasan di unit rawat jalan UPT RSUD UNDATA. Dengan metode cross-sectional dan 100 responden, studi ini menggunakan uji chi-square untuk analisis data. Hasil penelitian menunjukkan pendidikan terakhir (p=0,026 < 0 p=0,043 p=0,004 p=0,987> 0,05) dan pekerjaan (p=0,730 > 0,05) tidak menunjukkan hubungan signifikan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pendidikan, sosio ekonomi, dan keuangan adalah faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien di unit rawat jalan RSUD UNDATA. Penelitian ini merekomendasikan agar rumah sakit rutin melakukan survei kepuasan dan tenaga medis lebih proaktif dalam menanggapi keluhan serta kebutuhan pasien demi meningkatkan kualitas layanan. Kata Kunci: Karakteristik Pasien, Kepuasan Pelayanan, Rumah Sakit, Rawat Jalan |