JudulAnalisis Indeks Kepuasan Masyarakat Pada Pelayanan Di Puskesmas Sumber Sari Kabupaten Parigi Moutong |
Nama: FAHRIYATUL MUNAWWARAH |
Tahun: 2025 |
Abstrak Fahriyatul Munawwarah. Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat pada Pelayanan di Puskesmas Sumber Sari Kabupaten Parigi Moutong (di bawah bimbingan Bapak Vidyanto) Peminatan Administrasi dan Kebijakan Kesehatan Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Tadulako Kualitas pelayanan dapat di ukur dengan melihat nilai indeks kepuasan masyarakat sehingga dapat mendorong penyelenggara pelayanan untuk meningkatkan kualitas pelayanannya. Puskesmas Sumber Sari sudah berstatus Paripurna. Pada tahun 2023, jumlah kunjungan rawat jalan mencapai 6.592. Namun, penanganan pengaduan saran yang belum berfungsi serta survei kesehatan masyarakat belum pernah dilakukan, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan di Puskesmas Sumber Sari Kabupaten Parigi Moutong. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif deskriptif dengan jumlah populasi 6592 yang kemudian di tarik menjadi sampel sebanyak 314. Penelitian ini di analisis menggunakan rumus Survei Kepuasan Masyarakat berdasarkan PERMENPAN RB No. 14 tahun 2017. Hasil penelitian berdasarkan 9 indikator diperoleh angka Survei Kepuasan Masyarakat sebesar 3,25 dengan nilai konversi IKM sebesar 81,25 dengan kategori Baik. Disarankan instansi dapat memperbaiki kekurangan pada indikator ketepatan waktu pelayanan, ketersediaan tenaga medis yang memadai, serta keramahan petugas dalam melayani pasien. Selain itu, instansi di harapkan dapat mempertahankan dan meningkatkan mutu pelayanan. Kata Kunci: IKM, Puskesmas, Pelayanan Kesehatan |