Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT PADA PELAYANAN PUSKESMASLOMPENTODEA KECAMATAN PARIGI BARAT
Nama: ANDI REZKI NURUL AULIAH
Tahun: 2025
Abstrak
ANDI REZKI NURUL AULIAH. Indeks Kepuasan Masyarakat Pada Pelayanan Puskesmas Lompe Ntodea Kecamatan Parigi Barat(di bawah bimbingan Vidyanto) Peminatan Administrasi Kebijakan dan Kesehatan Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Tadulako Peningkatan kualitas pelayanan publik dapat di ukur dengan melihat nilai indeks kepuasan masyarakat sehingga dapat mendorong setiap unit penyelenggara pelayanan untuk meningkatkan kualitas pelayanannya. Belum adanya data survei kepuasan masyarakat yang sistematis di Puskesmas Lompe Ntodea sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai Indeks Kepuasan Masyarakat pada Pelayanan Puskesmas Lompe Ntodea Kabupaten Parigi Moutong Kecamatan Parigi Barat. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif deskriptif dengan jumlah populasi 2.615 yang kemudian ditarik menjadi sampel sebanyak 97. Penelitian ini di analisis menggunakan rumus Survei Kepuasan Masyarakat berrdasarkan PERMENPAN RB No. 14 Tahun 2017. Hasil penelitian menunjukkan Indeks Kepuasan masyarakat di Puskesmas Lompe Ntodea Kecamatan Parigi Barat berdasarkan 9 indikator diperoleh angka Survei Kepuasan Masyarakat sebesar 3,29 dengan nilai konversi IKM sebesar 82,25 dengan kategori Baik. Disarankan instansi dapat memperbaiki kekurangan pada indikator perilaku pelaksana, penanganan pengaduan saran dan masukkan serta sarana dan prasarana. Kemudian puskesmas dapat mempertahankan bahkan meningkatkan mutu pelayanan dalam hal ini persyaratan pelayanan, sistem mekanisme dan prosedur, waktu peyelesaian pelayanan, biaya atau tarif, produk spesifikasi jenis pelayanan, dan kompetensi pelaksana. Kata kunci : IKM, pelayanan, Puskesmas

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up