Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulAnalisis Indeks Kepuasan Masyarakat Pada Pelayanan Puskesmas Kombo Kabupaten Tolitoli
Nama: MASNI
Tahun: 2025
Abstrak
MASNI. Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat pada Pelayanan di Puskesmas Kombo Kabupaten Toli-toli (di bawah bimbingan Vidyanto) Peminatan Administrasi dan Kebijakan Kesehatan Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Tadulako Kualitas pelayanan dapat di ukur dengan melihat nilai indeks kepuasan masyarakat sehingga dapat mendorong penyelenggara pelayanan untuk meningkatkan kualitas pelayanannya. Puskesmas Kombo sudah berstatus Madya. Pada tahun 2019, jumlah kunjungan 5.078 . Namun, waktu pelayanan, penanganan pengaduan saran yang belum berfungsi serta survei kesehatan masyarakat belum pernah dilakukan, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan di Puskesmas Kombo Kabupaten Toli-toli. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif deskriptif dengan jumlah populasi 5078 yang kemudian di tarik menjadi sampel sebanyak 100. Penelitian ini di analisis menggunakan rumus Survei Kepuasan Masyarakat berdasarkan PERMENPAN RB No. 14 tahun 2017. Hasil penelitian berdasarkan 9 indikator diperoleh angka Survei Kepuasan Masyarakat sebesar 3,09 dengan nilai konversi IKM sebesar 77,25 dengan kategori Baik. Disarankan instansi dapat memperbaiki kekurangan pada indikator ketepatan waktu pelayanan, ketersediaan tenaga medis yang memadai, serta keramahan petugas dalam melayani pasien. Selain itu, instansi di harapkan dapat mempertahankan dan meningkatkan mutu pelayanan Kata Kunci: IKM, Puskesmas, Pelayanan Kesehatan

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up