| JudulAnalisis Indeks Kepuasan Masyarakat Pada Pelayan Puskesmas Parigi Kabupaten Parigi Moutong |
| Nama: HANUM SALSABILLAB |
| Tahun: 2025 |
| Abstrak Hanum Salsa Billah. Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat pada Pelayanan di Puskesmas Parigi Kabupaten Parigi Moutong (di bawah bimbingan Bapak Vidyanto) Peminatan Administrasi dan Kebijakan Kesehatan Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Tadulako Kualitas pelayanan dapat diukur dengan melihat nilai indeks kepuasan masyarakat sehingga dapat mendorong penyelenggara pelayanan untuk meningkatkan kualitas pelayanannya. Puskesmas Parigi sudah berstatus Paripurna. Pada tahun 2023, jumlah kunjungan rawat jalan mencapai 18.973 Namun, penanganan pengaduan saran yang belum berfungsi serta survei kesehatan masyarakat belum pernah dilakukan, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Indeks Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan di Puskesmas Parigi Kabupaten Parigi Moutong. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif deskriptif dengan jumlah populasi 18.973 yang kemudian ditarik menjadi sampel sebanyak 100. Penelitian ini di analisis menggunakan rumus Survei Kepuasan Masyarakat berdasarkan PERMENPAN RB No. 14 tahun 2017. Hasil penelitian berdasarkan 9 indikator diperoleh angka Survei Kepuasan Masyarakat sebesar 3,07 dengan nilai konversi IKM sebesar 76,97 dengan kategori Baik. Namun masih terdapat beberapa aspek yang perlu ditingkatkan, khususnya pada indikator ketepatan waktu pelayanan di mana pihak puskesmas harus mengatur Kembali jadwal praktik dan kunjungan dengan lebih baik agar tidak terjadi penumpukan pasien, ketersediaan tenaga medis yang memadai dengan menambah atau menugaskan tenaga medis tambahan khususnya pada poli-poli dengan jumlah kunjungan yang tinggi, serta keramahan petugas dalam melayani pasien di harapkan pihak puskesmas memberikan pelatihan komunikasi yang efektif dan pelayanan prima bagi seluru staf dan memberikan apresiasi atau penghargaan kepada pegawai yang menunjukan kinerja pelayanan yang baik dan ramah. Selain itu, instansi diharapkan dapat mempertahankan dan meningkatkan mutu pelayanan Kata Kunci : IKM, Pelayanan Kesehatan, Puskesmas |