Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulAnalisis Indeks Kepuasan Masyarakat Pada Pelayanan Puskesmas Galang Kabupaten Tolitoli
Nama: AYUNANDA
Tahun: 2025
Abstrak
Ayunanda. Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat pada Pelayanan di Puskesmas Galang Kabupaten Tolitoli (di bawah bimbingan Bapak Vidyanto) Peminatan Administrasi dan Kebijakan Kesehatan Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Tadulako Pelayanan kesehatan yang optimal merupakan hak dasar masyarakat dan menjadi salah satu indikator utama dalam menilai kualitas pelayanan publik. Puskesmas Galang telah berhasil meraih akreditasi paripurna, namun hingga saat ini belum tersedia data Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) secara formal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) terhadap pelayanan di Puskesmas Galang, Kabupaten Tolitoli. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan jumlah populasi 13.239 yang kemudian di tarik menjadi sampel sebanyak 100 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang disebarkan kepada masyarakat pengguna layanan Puskesmas Galang. Penelitian ini di analisis menggunakan rumus Survei Kepuasan Masyarakat berdasarkan PERMENPAN RB No. 14 tahun 2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 9 indikator diperoleh angka Survei Kepuasan Masyarakat sebesar 3,08 dengan nilai konversi IKM sebesar 77 dengan kategori Baik. Disarankan instansi dapat memperbaiki kekurangan pada indikator ketepatan waktu pelayanan dan ketersediaan tenaga medis yang memadai. Selain itu, instansi di harapkan dapat mempertahankan dan meningkatkan mutu pelayanan. Hasil studi ini diharapkan dapat menjadi dasar pengambilan kebijakan dan peningkatan mutu pelayanan kesehatan di wilayah kerja Puskesmas Galang. Kata Kunci: IKM, Puskesmas, Pelayanan Kesehatan

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up