JudulAnalisis Indeks Kepuasan Masyarakat Pada Pelayanan Puskesmas Baolan Kabupaten Tolitoli |
Nama: FARIZA ZADILA |
Tahun: 2025 |
Abstrak ABTSRAK Fariza Zadila. Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat pada pelayanan Puskesmas Baolan Kabupaten Tolitoli (di bawah bimbingan Bapak Vidyanto) Peminatan Administrasi dan Kebijakan Kesehatan Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Tadulako Palu Pelayanan publik, khususnya dalam bidang kesehatan, merupakan aspek penting dalam memenuhi kebutuhan dasar masyarakat. Puskesmas Baolan telah terakreditasi Paripurna, namun belum dapat menyajikan Dokumen Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) yang menjadi syarat penilaian kinerja mutu dalam akreditasi. Penelitian ini bertujuan unutk menganalisis Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) terhadap layanan yang diberikan oleh Puskesmas Baolan di Kabupaten Tolitoli. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan survei untuk mengumpulkan data dari 100 responden. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang disebarkan kepada masyarakat pengguna layanan. Penelitian ini di analisis menggunakan rumus Survei Kepuasan Masyarakat Berdasarkan PERMENPAN RB No. 14 Tahun 2017. Aspek-aspek yang dievaluasi meliputi persyaratan pelayanan, mekanisme sistem, waktu penyelesaian layanan, biaya, spesifikasi produk layanan, kompetensi petugas, perilaku petugas, penanganan pengaduan, dan fasilitas. Hasil penelitian dari 9 indikator menunjukkan bahwa skor IKM Puskesmas Baolan secara keseluruhan adalah 3,23 dengan nilai konversi 80,75 yang dikategorikan sebagai 'Baik', mencerminkan persepsi positif terhadap layanan yang diberikan. Disarankan Instansi dapat meningkatkan pelayanan dan memperbaiki kekurangan pada indikator waktu pelayanan, penaganan pengaduan dan fasilitas guna menciptakan kenyamanan bagi pengunjung. Kata Kunci: IKM, Puskesmas, Pelayanan Kesehatan |