Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT PADA PELAYANAN PUSKESMAS SAUSU KABUPATEN PARIGI MOUTONG
Nama: MELVI OBRIANNI SENDE
Tahun: 2025
Abstrak
Melvi Obrianni Sende. Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat pada Pelayanan di Puskesmas Sausu Kabupaten Parigi Moutong (di bawah bimbingan Vidyanto) Peminatan Administrasi Kebijakan dan Kesehatan Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Tadulako Kualitas pelayanan dapat di ukur dengan melihat nilai indeks kepuasan masyarakat sehingga dapat mendorong penyelenggara pelayanan untuk meningkatkan kualitas pelayanannya. Puskesmas Sausu sudah berstatus Utama. Pada tahun 2023, jumlah kunjungan rawat jalan mencapai 12.181. Namun, penanganan pengaduan saran yang belum berfungsi serta survei kesehatan masyarakat belum pernah dilakukan, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan di Puskesmas Sausu Kabupaten Parigi Moutong. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif deskriptif dengan jumlah populasi 12.181 yang kemudian ditarik menjadi sampel sebanyak 100. Penelitian ini dianalisis menggunakan rumus Survei Kepuasan Masyarakat berdasarkan PERMENPAN RB No. 14 tahun 2017. Hasil penelitian berdasarkan 9 indikator diperoleh angka Survei Kepuasan Masyarakat sebesar 3,15 dengan nilai konversi IKM sebesar 78,75 dengan kategori Baik. Namun masih terdapat beberapa aspek yang perlu ditingkatkan, khususnya pada indikator sarana prasarana mengenai ruang tunggu yang belum memenuhi harapan pasien, aspek biaya tentang informasi kebijakan terbaru dari RSUD Anuntaloko yang tidak disampaikan secara merata dan penanganan, pengaduan saran tentang petugas dalam mempercepat penyelesaian masalah. Disarankan instansi dapat memperbaiki kekurangan pada indikator tersebut. Selain itu, instansi diharapkan dapat mempertahankan dan meningkatkan mutu pelayanan. Kata kunci : IKM, Pelayanan, Puskesmas

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up