JudulPELAKSANAAN MANAJEMEN MUTU DI PUSKESMAS KAWATUNA KOTA PALU |
Nama: MIRA RAHMAWATI SAMANA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 18 tahun 2020 tentang RPJMN tahun 2020-2024 untuk mewujudkan pembangunan kesehatan, kementrian kesehatan menetapkan strategi dan arah kebijakan menuju cakupan kesehatan semesta dengan melakukan penguatan pelayanan kesehatan dasar yang bermutu dengan menerapkan manajemen mutu di seluruh puskesmas. Jumlah puskesmas di Indonesia terus meningkat setiap tahunya, namun secara kualitas masih jauh dari harapan. Pada tahun 2021 di sulawesi tengah dari total 216 puskesmas belum terdapat puskesmas yang Terakreditasi Paripurna. Pada Puskesmas Kawatuna nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) terus menurun selama empat tahun hingga 73,38 (kurang baik) pada tahun 2022. Tujuan penelitian yaitu menggambarkan pelaksanaan manajemen mutu di Puskesmas Kawatuna Kota Palu dari aspek input, proses dan hasil. Jenis penelitian yaitu kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari aspek input, program mutu tahun 2024 hingga bulan februari tahun berjalan masih dalam proses penyusunan. Dari aspek proses, pengukuran indikator mutu belum dilakukan secara rutin dan masih terdapat beberapa indikator mutu yang belum memiliki kamus indikator mutu. Selain itu, dalam pelaksanaan audit internal masih terdapat beberapa persyaratan yang belum terpenuhi sedangkan rapat tinjauan manajemen telah memenuhi semua persyaratan. Dari aspek hasil, evaluasi serta rencana tindak lanjut (RTL) dari beberapa hasil pengukuran indikator mutu belum dilakukan secara rutin. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu pelaksanaan manajemen mutu di Puskesmas Kawatuna belum berjalan secara optimal. Adapun saran penelitian ini yaitu diperlukan punishment ataupun reward bagi petugas puskesmas dalam melaksanakan manajemen mutu serta diperlukan pelatihan mengenai audit internal pada tim audit internal Puskesmas Kawatuna Kota Palu |