JudulPelaksanaan Siklus PDCA Di Puskesmas Kawatuna Kota Palu |
Nama: FITRIA RAHMADANI |
Tahun: 2025 |
Abstrak FITRIA RAHMADANI. Pelaksanaan Siklus PDCA Di Puskesmas Kawatuna Kota Palu (di bawah bimbingan Vidyanto) Peminatan Administrasi dan Kebijakan Kesehatan Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Tadulako Mutu dalam pelayanan kesehatan merupakan hal yang perlu diperhatikan sebagaimana dalam Perpres No. 18 tahun 2020 tentang RPJMN 2020-2024 yang menyatakan bahwa salah satu strategi meningkatkan kualitas dan daya saing sumber daya manusia adalah dengan meningkatkan pelayanan kesehatan menuju cakupan kesehatan semesta. Peningkatan mutu layanan dapat dilihat dari adanya upaya pengendalian dan perbaikan mutu berkelanjutan melalui pelaksanaan siklus PDCA diseluruh unit layanan. Puskesmas Kawatuna Kota Palu tahun 2022 merupakan puskesmas dengan Indeks Kepuasan Masyarakat yang kian menurun hingga 73,38% (kurang baik). Untuk itu, penelitian ini bertujuan mengkaji pelaksanaan siklus PDCA Puskesmas Kawatuna dari aspek Plan, Check, dan Action. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data yakni wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa satu dari empat langkah pada tahap Plan yakni langkah pengumpulan data dan analisis data, pelaksanaannya sedikit berbeda dengan model PDCA dalam pedoman Kemenkes tahun 2016. Adapun pada tahap kedua yakni tahap Check dalam hal ini pelaksanaan evaluasi hasil telah berjalan sesuai dengan model PDCA dalam pedoman Kemenkes tahun 2016, begitupula pada tahap terakhir yakni tahap Action dimana pelaksanaannya telah berjalan sesuai dengan model PDCA dalam pedoman Kemenkes tahun 2016. Untuk memaksimalkan pelaksanaan siklus PDCA, penelitian ini merekomendasikan pelatihan tambahan untuk meningkatkan pemahaman pengelola program dalam menerapkan siklus PDCA pada upaya perbaikan mutu layanannya. Kata Kunci : Pelaksanaan Siklus PDCA, Puskesmas |