JudulStres Akademik Siswa SMA Negeri 3 Palu Pada Kegiatan Belajar Online Di Masa Pandemi Covid 19 |
Nama: MARSELA TRIHARYANI RANDE |
Tahun: 2023 |
Abstrak Stres akademik adalah keadaan siswa yang tidak dapat menghadapi tuntutan akademik dan mempersepsi tuntutan-tuntutan akademik yang diterima sebagai gangguan. Dampak pandemi COVID-19 terhadap kesehatan mental dan pendidikan diperkirakan akan sangat terlihat, dengan hasil penelitianmenunjukkan dampak pembelajaran daring terhadap kesehatan mental psikis adalah 52,9 ?ngan indikator tertinggi yaitu merasa cemas, tidak percaya diri dan tidak berkeinginan menjadi yang terbaik. Perbandingan kesehatan mentalsiswa sebelum dan selama pandemi menunjukkan peningkatan yang signifikan. Data Riskesdas (riset kesehatan dasar) 2018 menunjukkan prevalensi gangguan mental emosional sebelum terjadinya pandemi sekitar 9,8?ri jumlah penduduk Indonesia atau setara dengan 11 juta orang, sedangkan setelah terjadinya pandemi sekitar 52,9%. Informan dalam penelitian sebanyak 11 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengelolaan data dengan teknik matriks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya penurunan motivasi dalam melakukan pembelajaran secara online sehingga sangat berpengaruh dalam pencapaian akademik yang diperoleh, kebosanan yang dialami selama belajar dari rumah dan kesulitan dalam memahami materi yang diberikan secara daring menjadi faktor tersendiri peserta didik mengalami stres akademik. Adanya dukungan orangtua yang mereka terima berupa dukungan pemberian fasilitas yang memadai serta dukungan motivasi. Penyesuaian diri dengan cara melakukan usaha-usaha seperti mencari tahu hal yang belum pernah mereka dapatkan sebelumnya contohnya meningkatkan pengetahuan belajar secara online melalui media internet yaitu google dan youtube. |