Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPerilaku Bullying Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Di Sekolah SMK Negeri 3 Palu
Nama: AZAH NURFATIMAH
Tahun: 2024
Abstrak
Bullying biasanya berasal dari peserta didik senior terhadap yang lebih rendah atau dalam lingkup teman sebaya. Tindakan ini umumnya terjadi di kelas dan di luar sekolah, dengan dampak seperti depresi, stres, gangguan mental, kemarahan, penurunan prestasi belajar, dan kehilangan kepercayaan diri. Data kekerasan anak di kota Palu pada 2020 mencatat 67 kasus, turun menjadi 33 pada 2021. Meski tenaga pendidikan SMK Negeri 3 Palu telah di latih, masih terdapat banyak tindakan bullying verbal, relasional, dan fisik yang memengaruhi psikologi peserta didik dan menurunkan prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk memahami perilaku bullying terhadap prestasi belajar di SMK Negeri 3 Palu dengan metode kualitatif studi kasus. Dari 48 informan yang dipilih dengan purposive sampling. faktor-faktor yang memengaruhi perilaku bullying terhadap prestasi belajar peserta didik. Faktor predisposisi menunjukkan bahwa meskipun pengetahuan peserta didik baik, sikap mereka perlu diperhatikan. Faktor pendukung mencakup keterbatasan sarana kesehatan dan respons guru yang kurang serius terhadap kasus bullying. Media sosial memudahkan bullying, tetapi sumber informasi memberikan pemahaman yang baik. Faktor pendorong menyoroti perlunya dukungan lebih lanjut dari guru dan orangtua, serta perkuatan dukungan teman sebaya. Saran dari penelitian ini adalah meningkatkan pengetahuan tentang bullying bagi pihak guru, keluarga, teman sebaya, dan DP3A, serta menyediakan dukungan yang lebih efektif bagi peserta didik sebagai korban maupun pelaku.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up