Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulDimensi Mutu Pelayanan Kesehatan Di Poliklinik Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Kabupaten Donggala
Nama: NUR IRSAN
Tahun: 2023
Abstrak
NUR IRSAN. Dimensi Mutu Pelayanan Kesehatan di Poliklinik Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Kabupaten Donggala (di bawah bimbingan Vidyanto) Peminatan Administrasi dan Kebijakan Kesehatan Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Tadulako Mutu pelayanan kesehatan adalah alat ukur untuk memberikan penilaian dalam pelayanan kesehatan. Pelayanan kesehatan merupakan satu unsur upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan derajat kesehatan tahanan atau narapidana. Pelayanan kesehatan pada Poliklinik Rumah Tahanan Kelas IIB Donggala belum memiliki izin praktek serta baru memiliki 1 tenaga perawat dan 1 tenaga dokter. Tujuan umum dari penelitian ini yaitu untuk Untuk mengetahui mutu pelayanan di Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Kabupaten Donggala. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan teknik analisis deskriptif, besar sampel menggunakan rumus Slovin dan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Total sampel sebanyak 77 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik dengan menggunakan analisis univariat. Hasil penelitian dari dimensi keandalan analisis hasil jawaban responden nilai rata-rata semua indikator adalah 3,96 termasuk dalam kategori baik, dari dimensi ketanggapan analisis hasil jawaban responden nilai rata-rata semua indikator adalah 4,01 termasuk dalam kategori baik, dari dimensi jaminan analisis hasil jawaban responden nilai rata-rata semua indikator adalah 3,94 termasuk dalam kategori baik, dari dimensi empati analisis hasil jawaban responden nilai rata-rata semua indikator adalah 3,96 termasuk dalam kategori baik, dan dari dimensi bukti fisik analisis hasil jawaban responden nilai rata-rata semua indikator adalah 3,98 termasuk dalam kategori baik. Kesimpulan penelitian, dari mutu pelayanan pada Poliklinik Rutan Kelas IIB Kabupaten Donggala berdasarkan model SERVQUAL dapat dikatakan baik. Saran yaitu tetap meningkatkan dan mempertahankan mutu pelayanan sehingga kebutuhan pasien dapat terpenuhi. Kata Kunci: Dimensi Mutu, Pelayanan Kesehatan, Kualitas Pelayanan

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up