Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulHubungan Kualitas Pelayanan Antenatal Care Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Wilayah Kerja Puskesmas Nosarara Kota Palu
Nama: JOFANDA JULIQNYDA JOAP
Tahun: 2023
Abstrak
JOFANDA JULIANYDA JOAP, Hubungan Kualitas Pelayanan Antenatal Care dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Wilayah Kerja Puskesmas Nosarara Kota Palu (dibawah bimbingan Muh Rizki Ashari). Departemen Administrasi dan Kebijakan Kesehatan Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Tadulako Kualitas pelayanan antenatal care merupakan pelayanan yang bersesuaian dengan standar, yaitu minimal 4 kali selama kehamilan dengan jadwal satu kali pada trimester pertama, satu kali pada trimester kedua dan dua kali pada trimester ketiga yang dilakukan oleh bidan atau dokter spesialis kebidanan baik yang bekerja di fasilitas pelayanan kesehatan pemerintah maupun swasta. Pasien yang merasa puas merupakan perasaan yang timbul sebagai akibat dari kinerja layanan kesehatan yang diperolehnya setelah pasien membandingkannya dengan apa yang diharapkannya. Puskesmas Nosarara merupakan salah satu Puskesmas di Kota Palu yang mengalami penurunan jumlah kunjungan antenatal care dalam beberapa tahun terakhir untuk kunjungan K1 dan K4 yaitu tahun 2019 K1 101,9?n K4 99.8%. Kemudian tahun 2020 K1 99,6?n K4 97,7?n tahun 2021 K1 sebesar 63?n K4 sebesar 92.8%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan kualitas pelayanan antenatal care dengan tingkat kepuasan pasien di wilayah kerja Puskesmas Nosarara Kota Palu. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif yakni survei analitik dengan desain penelitian cross-sectional dengan teknik pengambilan sampel dalam penelitian total sampling yaitu sebanyak 80 ibu hamil. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara dimensi kualitas yaitu tangible (p=0.001), reliability (p=0.030), responssiveness (p=0.002), assurance (p=0.005) dan empathy (p= 0.042) dengan kepuasan pasien antennal care di Puskesmas Nosarara. Saran untuk bidan yang memberikan pemeriksaan agar lebih jelas dan jujur, serta tidak sulit dihubungi saat ibu hamil melakukan konsultasi atau pemeriksaan. Hal ini di karenakan masih ada beberapa ibu hamil yang merasa bidan masih belum memberikan informasi lengkap terkait kondisi kehamilannya. Kata Kunci: Kepuasan Pasien, Kualitas Pelayanan, Antenatal Care

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up