Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulIndeks Kepuasan Masyarakat Terkait Pelayanan Kesehatan Puskesmas Lompeta Singgani Tambu Kabupaten Donggala
Nama: ARDINI
Tahun: 2024
Abstrak
ABSTRAK ARDINI. Indeks Kepuasan Masyarakat Terkait Pelayanan Kesehatan Puskesmas Lompeta Singgani Tambu Kabupaten Donggala (di bawah bimbingan Vidyanto) Peminatan Administrasi Kebijakan dan Kesehatan Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Tadulako Peningkatan kualitas pelayanan publik dapat diukur dengan melihat nilai indeks kepuasan masyarakat sehingga dapat mendorong setiap unit penyelenggara pelayanan untuk meningkatkan kualitas pelayanannya. untuk Peningkatan kualitas pelayanan publik dapat diukur dengan melihat nilai indeks kepuasan masyarakat sehingga dapat mendorong setiap unit penyelenggara pelayanan untuk meningkatkan kualitas pelayanannya. Puskesmas Lompeta Singgani Tambu belum melakukan survei kepuasan masyarakat dalam proses peningkatan kualitas pelayanan. Sedangkan dalam target kinerja mutu puskesmas IKM (Indeks Kepuasan Masyarakat) menjadi poin pertama yang harus dilakukan oleh puskesmas jika ingin menaikkan akreditas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Puskesmas Lompeta Singgani Tambu Tambu Kecamatan Balaesang Kabupaten Donggala. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif deskriptif dengan jumlah populasi 5.780 yang kemudian ditarik menjadi sampel sebanyak 99. Penelitian ini di analisis menggunakan rumus Survei Kepuasan Masyarakat berdasarkan PERMENPAN RB Nomor 14 Tahun 2017. Hasil penelitian menunjukkan Indeks Kepuasan masyarakat di Puskesmas lompeta Singgani Tambu Kabupaten Donggala berdasarkan 9 indikator diperoleh angka Survei Kepuasan Masyarakat sebesar 3,20 dengan nilai konversi IKM sebesar 80,07 dengan kategori Baik. Disarankan instansi dapat memperbaiki kekurangan pada indikator perilaku pelaksana, penanganan pengaduan saran dan masukkan serta sarana dan prasarana, diharapkan puskesmas dapat mempertahankan bahkan meningkatkan mutu pelayanan dalam hal ini persyaratan pelayanan, sistem mekanisme dan prosedur, waktu penyelesaian pelayanan, biaya atau tarif, produk spesifikasi jenis pelayanan, dan kompetensi pelaksana. Kata kunci : Indeks kepuasan masyarakat, pelayanan kesehatan, puskesmas

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up