Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulHubungan Bauran Pemasaran Dengan Kepuasan Pasien Di Instalasi Rawat Inap RSUD Undata Provinsi Sulawesi Tengah
Nama: MAISARAH
Tahun: 2023
Abstrak
ABSTRAK MAISARAH. Hubungan Bauran Pemasaran dengan Kepuasan Pasien di Instalasi Rawat Inap RSUD Undata Provinsi Sulawesi Tengah (di bawah bimbingan Muh. Ryman Napirah) Peminatan Administrasi dan Kebijakan Kesehatan Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Tadulako RSUD Undata merupakan rumah sakit tipe B dengan akreditasi Paripurna yang dikelola oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah. Rumah sakit memperoleh manfaat yang baik jika memperhatikan kepuasan pasien. RSUD Undata memiliki rata-rata Indeks Kepuasan Masyarakat pada tahun 2018 adalah 76,65%, tahun 2019 meningkat menjadi 79,91%, tahun 2020 menurun menjadi 76,55%, dan tahun 2021 meningkat kembali menjadi 79,09%. Rata-rata nilai persepsi responden terhadap unsur pelayanan masih di bawah standar yaitu di bawah angka 4,00. Pasien kurang puas pada aspek Process dan Physical Evidence. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan bauran pemasaran 7P dengan kepuasan pasien di Instalasi Rawat Inap RSUD Undata Provinsi Sulawesi Tengah. Jenis penelitian ini adalah survey analitik dengan pendekatan cross sectional, pengambilan sampel menggunakan metode Proportionate Stratified Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner dengan skala likert. Jumlah sampel adalah 99 responden. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada hubungan produk (p=0.076) dan tarif (p=0,228), ada hubungan tempat (p=0,025), promosi (p=0.024), orang (p=0.000), proses (p=0.000), dan bukti fisik (p=0.000) dengan kepuasan pasien di Instalasi Rawat Inap RSUD Undata Provinsi Sulawesi Tengah. RSUD Undata diharapkan dapat mempertahankan dan meningkatkan bauran pemasarannya terlebih lagi yang berhubungan dengan kepuasan pasien terkhusus pada Place, Promotion, People, Process, dan Physical Evidence. Kata Kunci: Bauran Pemasaran, Kepuasan Pasien

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up