Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulAnalisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Dengan Metode Importance Performance Analysis (IPA) Di Puskesmas Biromaru Kabupaten Sigi
Nama: BRIGITA NATASYA BERTUS
Tahun: 2023
Abstrak
ABSTRAK BRIGITA NATASYA BERTUS, Analisis Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Kualitas Pelayanan dengan Metode Importance Performance Analysis (IPA) di Puskesmas Biromaru Kabupaten Sigi (di bawah bimbingan Vidyanto) Peminatan Administrasi dan Kebijakan Kesehatan Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Tadulako Penilaian pasien terhadap Puskesmas tergantung dari apa yang diberikan puskesmas sebagai upaya memberikan pelayanan kesehatan. Salah satu puskesmas di Kabupaten Sigi yang jumlah kunjungan pasiennya mengalami penurunan dari tahun 2019 sampai 2021 adalah Puskesmas Biromaru. Pada tahun 2019 sebanyak 15.002 kunjungan (31,4%), tahun 2020 sebanyak 12.286 kunjungan (25,8%), dan tahun 2021 sebanyak 9.160 kunjungan (19,2%). Metode Importance Performance Analysis (IPA) merupakan salah satu metode survei yang dapat digunakan untuk mengukur kinerja kepuasan yang dianggap penting oleh pelanggan (harapan) dan kinerja kepuasan yang diterima oleh pelanggan (kenyataan). Tujuan penelitian untuk mengetahui tingkat kesesuaian antara kinerja dan harapan dari pasien terhadap kualitas pelayanan di Puskesmas Biromaru Kabupaten Sigi. Jenis penelitian kuantitatif dengan teknik analisis deskriptif. Besar sampel menggunakan rumus Slovin dan pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Total sampel sebanyak 99 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian menunjukkan terdapat 10 atribut di dalam kuadran I yang menjadi prioritas utama dalam perbaikan kualitas pelayanan di Puskesmas. Adapun saran dalam penelitian ini adalah diharapkan pihak puskesmas dapat memprioritaskan dan segera memberikan solusi terhadap atribut yang masih menjadi masalah di Puskesmas Biromaru yaitu menjaga dan merawat gedung puskesmas agar tetap bersih, menyediakan ruang tunggu yang nyaman dan luas, mengefisiensikan waktu pemeriksaan agar pasien tidak terlalu lama menunggu, melengkapi dan meningkatkan fasilitas-fasilitas kesehatan dan memberikan pelatihan kepada petugas kesehatan agar dapat memberikan informasi yang relevan dan jelas kepada pasien. Kata Kunci: Kepuasan Pasien, Kualitas Pelayanan, Metode IPA

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up