JudulHubungan Kualiatas Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Di Wilayah Kerja Puskesmas Birobuli Kota Palu |
Nama: SRIWENA K. WENGKAU |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Sriwena.K.Wengkau. Hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien di Puskesmas birobuli kota Palu (di bawah Bimbingan Bertin Ayu Wandira. Administrasi dan Kebijakan Kesehatan Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Tadulako Desember 2022 Puskesmas adalah suatu organisasi fungsional yang menyelenggarakan upaya kesehatan yang bersifat menyeluruh, terpadu, merata, dapat diterima dan terjangkau oleh masyarakat yang menitik beratkan pada pelayanan kesehatan sesuai dengan harapan pasien. Akan tetapi masih terlihat banyaknya masyarakat yang memberi keluhan serta merasakan ketidak puasan pada kualitas pelayanan yang diberi oleh petugas kesehatan sehingga berdampak penurunan kunjungan pasien. Berdasarkan data kunjungan Pasien dari Puskesmas Birobuli dari tahun 2017-2020 mengalami fluktuasi yaitu tahun 2017 jumlah kunjungan sebanyak 116.566, tahun 2018 sebanyak 95.581, tahun 2019 sebanyak 129.935 orang dan tahun 2020 sebanyak 92.664. Tujuan penelitian ini adalah diketahuinya hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien di Puskesmas birobuli kota palu. Jenis penelitian adalah penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien rawat jalan yang datang berkunjung berjumlah 100 pasien dengan menggunakan teknik accidental sampling.. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan bukti langsung (0,009), daya tanggap (0,002), kehandalan (0,000) , jaminan (0,004) dan empati (0,001) dengan kualitas pelayanan kesehatan. Saran dalam penelitian ini adalah Pihak puskesmas bisa menata dan menyediakan halaman parkir yang luas dan fasilitas di ruang tunggu yang lengkap, cepat tanggap dan terampil dalam mengatasi keluhan pasien dan tidak berbelit-belit,dan mengenal pasien serta memotivasi untuk kesembuhan penyakitnya. Kata Kunci : Bukti Langsung , Daya Tanggap, Kehandalan , Jaminan, Empati, Kepuasan. |