Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulHubungan Mutu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Puskesmas Mabelopura Kota Palu 2022
Nama: RAFICA ANDIKA
Tahun: 2022
Abstrak
Mutu adalah ukuran, derajat, atau taraf tentang baik buruknya suatu produk barang atau jasa. Mutu adalah perpaduan sifat-sifat dan karakteristik produk atau jasa yang dapat memenuhi kebutuhan pemakai atau pelanggan. Permasalahan dalam penelitian ini apakah ada hubungan mutu pelelayanan dengan kepuasan pasien di puskesmas mabelopura palu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan dengan kepuasan pasien di Puskesmas Mabelopura Kota Palu.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode Fisher's Exact. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode probablity (random sampling) terhadap 100 orang pasien Puskesmas Mabelopura Kota Palu. Teknis analisa menggunakan analisis Fisher's Exact Hasil penelitian menunjukan variabel yang hubungan positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien adalah kompetensi teknis dengan nilai sig 0,020 < 0> 0,05,efesiensi dengan dan nilai sig 1,000 > 0,05. Hubungan antar manusia dengan nilai sig 0,378 > 0.05 dan variabel kenyamanan dan kenikmatan dengan pelayanan dengan nilai sig 0.547 > 0.05.Saran dari penelitian ini yaitu Memaksimalkan daya tanggap tenaga kesehatan dalam menangani keluhan hingga ke tahap profesional sehingga responden menaruh lebih banyak perhatian dihal tersebut. Memaksimalkan waktu dalam memberikan pelayanan dan mempermudah proses administrasi.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up