JudulHubungan Karakteristik Pasien Rawat Inap Kelas 3 Dengan Kepuasan Pelayanan Di Rumah Sakit Umum Mokopido Kecamatan Baolan Kabupaten Tolitoli |
Nama: PUTRI MAHARANI |
Tahun: 2022 |
Abstrak Abstrak Kepuasan pasien merupakan tolak ukur kualitas pelayanan di Rumah Sakit. Kepuasan dapat dipengaruhi oleh berbagai aspek, salah satunya karakteristik pasien. Berdasarkan standar nilai Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Republik Indonesia nomor 14 tahun 2017 tentang standar survei kepuasan pasien yaitu 90%. Tingkat kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Umum Mokopido sebesar 72% pada tahun 2021. Hal tersebut sejalan dengan penurunan pasien rawat inap pada tahun 2020 berjumlah 54.213 menjadi 1.178 pasien pada tahun 2021. Tujuan penelitian untuk menganalisis hubungan Karakteristik Pasien Rawat Inap Kelas 3 dengan Kepuasan Pelayanan di Rumah Sakit Umum Mokopido Kecamatan Baolan Kabupaten Tolitoli. Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 1.178 pasien, dengan menggunakan rumus slovin didapatkan sampel sebanyak 93 pasien. Pengambilan sampel menggunakan teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Analisis yang digunakan yaitu Korelasi Kontigensi dengan nilai ?=10%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang kuat antara karakteristik pasien berupa pendidikan terakhir (p=0,000), dan usia (p=0,000) dengan kepuasan pelayanan. Saran untuk dimensi empati diharapkan dokter atau perawat mampu bersikap sopan, ramah, mendengarkan keluhan tentang penyakit yang diderita pasien serta memberikan jalan keluar dalam konsultasinya sehingga pasien puas terhadap pelayanan. |