Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulHubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Katomaliga Beteleme Kabupaten Morowali Utara
Nama: YUNISTASYA CLAUDIA MAWENGI
Tahun: 2024
Abstrak
ABSTRAK Yunistasya Claudia Mawengi. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Katomaliga Beteleme Kabupaten Morowali Utara (di bawah bimbingan Vidyanto) Peminatan Administrasi dan Kebijakan Kesehatan Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Tadulako Mutu pelayanan kesehatan adalah tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan yang dapat menimbulkan kepuasan setiap pasien. Mutu pelayanan kesehatan yang diberikan menunjuk pada tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan dalam memenuhi kebutuhan setiap pasien, semakin sempurna kebutuhan setiap pasien maka semakin baik mutu pelayanan kesehatan. Puskesmas Katomaliga sudah menerapkan sistem manajemen mutu organisasi standardisasi internasional sebagai jaminan mutu pelayanan. Namun keterlibatan sumber daya manusia belum berjalan dengan baik karena belum di libatkan beberapa pegawai khususnya pada manajemen tingkat bawah akibatnya beberapa pegawai belum memahami tentang organisasi standardisasi internasional dan bagaimana organisasi standardisasi internasional tersebut di laksanakan. Belum konsistennya dalam melaksanakan kegiatan seperti pencatatan dan pelaporan di akibatkan karena padatnya pelayanan, hal tersebut akan berdampak pada manajemen yang kurang baik sehingga mutu pelayanan akan berjalan kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat jalan Di Puskesmas Katomaliga Beteleme Kabupaten Morowali Utara. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain cross-sectional, data dikumpulkan melalui pengisian kuesioner oleh 98 pasien rawat jalan di puskesmas. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat. Hasil penelitian diperoleh variabel yang berhubungan adalah kehandalan (p=0,002), jaminan (p=0,004), bukti fisik (p=0,000), empati (p=0,007) dan daya tanggap (p=0,010). Karena nilai p dari semua variabel <0,05 maka hal ini menandakan ada hubungan antara kehandalan, jaminan, bukti fisik, empati dan daya tanggap dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Katomaliga Beteleme Kabupaten Morowali Utara. Penelitian ini dapat digunakan sebagai panduan untuk mengembangkan peningkatan mutu pelayanan kesehatan di Puskesmas Katomaliga Beteleme Kabupaten Morowali Utara, dengan fokus pada meningkatkan kepuasan pasien. Kata kunci : Mutu Pelayanan Kesehatan, Kepuasan Pasien, Rawat Jalan

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up