Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulHubungan Persepsi Masyarakat Tentang Jaminan Kesehatan Nasional Terhadap Keikutsertaan Menjadi Peserta BPJS Kesehatan Di Wilayah Kerja Puskesmas Pangi Kabupaten Parigi Moutong.
Nama: NUR AFNI
Tahun: 2022
Abstrak
Nur Afni.Hubungan persepsi masyarakat tentang jaminan kesehatan nasional terhadap keikutsertaan menjadi peserta bpjs kesehatan diwilayah kerja Puskesmas Pangi Kabupaten Parigi Moutong (dibawah bimbingan Hermiyanty) Peminatan Administrasi Kebijakan dan Kesehatan Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakutas Kesehatan Masyarakat Universitas Tadulako Palu Jaminan kesehatan sebagai salah satu kebutuhan manusia yang hingga saat ini menjadi salah satu kebutuhan yang sudah dijamin oleh konstitusi dan menjadi hak setiap warga negara. Upaya mendorong partisipasi masyarakat dalam rangka mencapai Universal Health Coverage (UHC) artinya seluruh Warga Negara Indonesia wajib terdaftar sebagai peserta JKN. Cakupan keikutsertaan di wilayah kerja Pusekasmas Pangi sampai tahun 2022 masih belum memenuhi standar dari BPJS Kesehatan yakni cakupan UHC per 1 Januari 2019 adalah 95%. Data Puskesmas Pangi bahwa masyarakat dalam wilayah kerja Puskesmas Pangi berjumlah 15.397 jiwa dan yang sudah terdaftar menjadi peserta BPJS berjumlah 9.148 jiwa, berdasarkan data masih ada sekitar 6.249 (40,6%) masyarakat belum terdaftar menjadi peserta BPJS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan persepsi Masyarakat tentang JKN terhadap keikutsertaan menjadi peserta BPJS. Jenis penelitian kuantitatif, dengan desain cross sectional. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 148 masyarakat yang berada di wilayah kerja Puskesmas Pangi yang diambil secara (Proportionate Stratified Random Sampling). Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner dengan skala guttman dan likert. Analisis menggunakan analisis univariat dan bivariat pada derajat kepercayaan 95%(???? = 0,05). Hasil uji Chi-Square menunjukkan bahwa pengetahuan (?=0,000), kebutuhan (?=0,016), tampakan produk (?=0,030), lingkungan (?=0,003) berhubungan dengan persepsi masyarakat terhadap keikutsertaan menjadi peserta BPJS Kesehatan. Diharapkan, intesitas penyuluhan dan sosialisasi terkait JKN agar masyarakat dapat mengerti dan memahami pentingnya JKN. Kata Kunci: BPJS, JKN, Persepsi Masyarakat, Puskesmas

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up