JudulIndeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Sigenti Kecamatan Tinombo Selatan (di Bawah Bimbingan |
Nama: NURHALIJA |
Tahun: 2021 |
Abstrak Pelayanan publik yang dilakukan oleh pemerintah saat ini dirasakan belum memenuhi harapan masyarakat, hal ini dapat diketahui dari berbagai keluhan masyarakat yang disampaikan melalui media massa dan jejaring sosial. Tentunya keluhan tersebut jika tidak ditangani memberikan dampak buruk terhadap pemerintah. Salah satu upaya guna meningkatkan kualitas pelayanan publik, melakukan Survei Kepuasan Masyarakat sebagai tolok ukur untuk menilai kualitas pelayanan. Berdasarkan Permenpan RB No. 14 tahun 2017 bahwa penyelenggara berkewajiban melakukan penilaian kinerja pelayanan publik secara berkala. Tujuan penelitian untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat sebagai pengguna layanan terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas Sigenti Kecamatan Tinombo Selatan. Penelitian ini dilakukan di Puskesmas Sigenti menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan teknik Accidental sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu pasien yang berobat ke Puskesmas sebanyak 97 responden. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Hasil dari pengukuran 9 indikator indeks kepuasan masyarakat yaitu persyaratan dengan nilai 3,45 (baik), sistem, mekanisme dan prosedur dengan nilai 3,51 (baik), waktu penyelesaian dengan nilai 3,31 (baik), biaya/tarif dengan nilai 3,52 (baik), produk spesifikasi jenis pelayanan dengan nilai 3,68 (baik) kompetensi pelaksana dengan nilai 3,43 (baik), perilaku pelaksana dengan nilai 3,57 (baik), penanganan pengaduan saran dan masukan dengan nilai 3,41 (baik), sarana dan prasarana dengan nilai 3,30 (baik). Disarankan Puskesmas Sigenti untuk mempertahankan pelayanan yang telah diberikan kepada masyarakat serta diharapkan untuk melaksanakan survei kepuasan masyarakat kepada pengguna layanan. Kata Kunci : Indeks Kepuasan Masyarakat, Puskesmas, Pelayanan Kesehatan ? |