Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulHubungan Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Wilayah Kerja Puskesmas Talise Kota Palu
Nama: NILA FANDESTIN
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK NILA FANDESTIN. Hubungan Mutu Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien di wilayah kerja Puskesmas Talise Kota Palu (di bawah bimbingan Bertin Ayu Wandira). Peminatan Administrasi Dan Kebijakan Kesehatan Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Tadulako Mutu Pelayanan Kesehatan meliputi kinerja yang menunjukan tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan, yang dapat menimbulkan kepuasan bagi pasien sesuai dengan kepuasan rata-rata penduduk tetapi sesuai juga dengan standar dan kode etik profesi yang telah ditetapkan. Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kota Palu dari 13 puskesmas yang mengalami penurunan kunjungan pasien yakni Puskesmas Talise. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tangible, reliability, responsiveness, assurance dan empathy terhadap kepuasan pasien di wilayah kerja Puskesmas Talise. Metode penelitiannya adalah kuantitatif dengan desain cross sectional study. Teknik sampling yang digunakan yaitu non probability sampling dengan jenis accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Analisis data yang digunakan yaitu analisis univariat dan bivariat dengan nilai p ?0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan mutu pelayanan tangible (p=0.037), reliability (p=0.003), responsiveness (p=0.004), assurance (p=0.000), empathy (p=0.001) dengan kepuasan pasien di wilayah kerja Puskesmas Talise Kota Palu. Saran untuk Puskesmas Talise, lebih memperhatikan kebersihan lingkungan puskesmas, kelengkapan obat, melakukan pelayanan lebih cepat dan tanggap, selalu terlihat ramah dan tersenyum saat memberikan pelayanan kepada pasien, dan dapat mendengarkan keluhan serta tidak membeda-bedakan pasien. Kata Kunci: Mutu Pelayanan, Kepuasan Pasien

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up