JudulPersepsi Pasien Rawat Inap Kelas I, II, Dan III Tentang Mutu Pelayanan Kesehatan Di UPT. RSUD Undata Provinsi Sulawesi Tengah |
Nama: ADHEANY MULIA SHALSABILA |
Tahun: 2023 |
Abstrak Terdapat kesenjangan antara apa yang diharapkan dan yang diterima oleh pasien rawat inap di RSUD Undata Provinsi Sulawesi Tengah yang mengakibatkan penurunan kunjungan rawat inap. Tercatat sebanyak 14125 pasien masuk pada tahun 2019, lalu turun menjadi 7971 pasien pada tahun 2020, dan kembali turun pada tahun 2021 menjadi 6380 pasien masuk. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan persepsi pasien rawat inap kelas I, II, dan III terhadap mutu pelayanan kesehatan di RSUD Undata Provinsi Sulawesi Tengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Penentuan besar sampel menggunakan rumus slovin dan menggunakan teknik Proportional Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan kuisioner sebagai instrument dengan sampel sebanyak 98 responden. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik untuk mendapatkan gambaran umum dengan mendeskripsikan setiap variabel. Hasil penelitian menunjukkan persepsi pasien dari faktor internal dikategorikan baik dengan presentase 95,9%, hal ini dikarenakan performa tenaga medis dalam melakukan pelayanan kesehatan telah baik dan juga sarana prasarana yang memadai. Persepsi pasien dari faktor eksternal dapat dikategorikan baik dengan presentase 95,9%, hal ini dikarenakan pelayanan yang diberikan oleh tenaga medis baik sehingga menimbulkan rasa aman dan nyaman, juga tenaga medis mampu memberikan dukungan moril agar pasien berkeinginan untuk sembuh. Kesimpulan pada penelitian ini, yaitu menurut persepsi pasien, baik dari faktor internal maupun eksternal keduanya sudah terlaksana dengan baik dan sesuai dengan harapan dari pasien atas pelayanan yang akan mereka dapatkan. |