JudulHubungan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di RSUD Mokopido Kabupaten Tolitoli |
Nama: ELIS SANDRA |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK ELIS SANDRA. Hubungan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di RSUD Mokopido Kabupaten Tolitoli (di bawah bimbingan Bertin Ayu Wandira). Peminatan Administrasi Dan Kebijakan Kesehatan Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Tadulako Pelayanan kesehatan merupakan salah satu upaya yang diselenggarakan secara bersama-sama dalam suatu organisasi kesehatan untuk memelihara dan meningkatkaan kesehatan, mencegah, menyembuhkan penyakit serta memulihkan kesehatan perseorangan, keluarga, kelompok atau masyarakat. Berdasarkan data yang diperoleh dari bagian rekam medis RSUD Mokopido jumlah kunjungan pasien rawat jalan tahun 2020-2021 mengalami penurunan. Dimana pada tahun 2020 sebanyak 46.721 kunjungan, sedangkan pada tahun 2021 sebanyak 40.795 kunjungan. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat jalan di RSUD Mokopido Kabupaten Tolitoli. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan desain Cross Sectional Study. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 100 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dengan skala likert. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik dengan menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan mutu pelayanan tangible (p=0.047), reliability (p=0.014), assurance (p=0.020), responsiveness (p=0.044), empathy (p=0.041) dengan kepuasan pasien di wilayah kerja RSUD Mokopido Kabupaten Tolitoli. Disarankan kepada pihak rumah sakit agar lebih meperhatikan kualitas pelayanan rawat jalan RSUD Mokopido pada fasilitas pelayanan bagian loket, ketepatan waktu pelayanan, keramahan petugas, melakukan pelayanan lebih tanggap serta memberikan perhatian kepada pasien tanpa harus membeda-bedakan serta kebersihan lebih diperhatikan. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan Kesehatan, Kepuasan Pasien |