JudulRantai Pasok Pakan Ternak Ayam Di Kecamatan Bahodopi Kabupaten Morowali |
Nama: RIRIN TRIASTUTI |
Tahun: 2025 |
Abstrak RIRIN TRIASTUTI (O12120133) Rantai Pasok Pakan Ternak Ayam Di Kecamatan Bahodopi Kabupaten Morowali. Di bawah Bimbingan Bapak dan Ibu (Yudi Mujayin dan Ritha Rahayu, 2025). Rantai pasok merupakan suatu konsep di mana terdapat sistem pengelolaan yang berkaitan dengan aliran produk, aliran informasi, maupun aliran keuangan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui saluran distribusi, aliran informasi, dan aliran keuangan Rantai Pasok Pakan Ternak Ayam di Kecamatan Bahodopi Kabupaten Morowali. Penelitian ini menggunkan metode campuran atau sering disebut dengan mixed method. Pelaksanaan penelitian metode campuran ini dengan menggabungkan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pihak yang terlibat dalam rantai pasok pakan ternak ayam di Kecamatan Bahodopi Kabupaten Morowali Sampel dalam penelitian yaitu agen, pedagang besar, pengecer, peternak, dan ditentukan dengan teknik snowball sampling atau pengambilan sampel dengan cara pendekatan untuk menemukan informan-informan kunci yang memiliki banyak informasi Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 12 orang yang terdiri dari agen 2 orang, pedagang besar 2 orang, pedagang pengevcer 3orang, peternak 5 orang. Penelitian ini telah dilaksanakan di Kecamatan Bahodopi Kabupaten Morowali pada bulan Juni-Juli 2024. Hasil penelitian bahwa mekanisme saluran distribusi pada rantai pasok pakan ternak ayam di Kecamatan Bahodopi Kabupaten Morowali terdiri dari produsen pakan ternak , agen pakan ternak, pedagang besar pakan ternak, pengecer pakan ternak, dan konsumen akhir. saluran informasi yang disampaikan antar anggota rantai pasok diantaranya mengenai informasi harga, kualitas, jumlah permintaan pakan ayam, jumlah persediaan pakan ayam. Aliran keuangan untuk lembaga pemasaran di luar Kecamatan Bahodopi, pembayaran dilakukan melalui transfer sebelum pakan dikirimkan, dan setelah pembayaran diterima, barang akan dikirimkan ke lembaga pemasaran.Saluran pemasaran pakan ternak ayam di Kecamatan Bahodopi Kabupaten Morowali yaitu memiliki dua bentuk pola saluran pemasaran. Pada pola pemasaran 2 menunjukan jumlah biaya pemasaran diperoleh yaitu 65.000/sak lebih besar dibandingkan dengan saluran pemasaran pola 1 yaitu sebesar 25.000/sak. Berdasarkan hasil tersebut maka saluran pemasaran yang paling efesiensi adalah saluran pemasaran pola 1. Hal ini disebabkan karena biaya pemasaran yang dikeluarkan lebih kecil sedangkan keuntungan yang diterima lebih besar dibandingkan pada pola 2 yang biaya pemasarannya lebih besar. Kata kunci: Pakan Ternak, Rantai Pasok, Saluran Distribusi |