Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulRANTAI PASOK PAKAN TERNAK AYAM DI KECAMATAN SIGI BIROMARU KABUPATEN SIGI
Nama: ANNISA DELA PUSPITA
Tahun: 2025
Abstrak
Rantai Pasok (Supply Chain) merupakan serangkaian proses bisnis dan informasi yang terintegrasi yang melibatkan berbagai pihak, mulai dari pemasok bahan baku hingga konsumen akhir. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui margin dan saluran distribusi Rantai Pasok Pakan Ternak Ayam di Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pihak yang terlibat dalam rantai pasok pakan ternak ayam di Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi. Responden pada penelitian yaitu agen, pedagang pengecer, dan peternak ditentukan dengan metode purposive sampling (sengaja) dengan jumlah sampel sebanyak dari 4 pemilik usaha pakan ternak ayam, dan menggunakan metode Snowball Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 20 peternak ayam yang telah memenuhi kriteria atau batasan yang ditetapkan, seperti keberadaan lokasi usaha di Kecamatan Sigi Biromaru serta kemampuan memberikan informasi yang relevan mengenai kegiatan penjualan pakan ternak.. Penelitian ini telah dilaksanakan di Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi pada bulan Juli-Agustus 2024. Hasil penelitian bahwa mekanisme saluran distribusi pada rantai pasok pakan ternak ayam di Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi terdiri dari produsen pakan ternak, agen pakan ternak, pedagang pengecer pakan ternak, dan konsumen akhir. Usaha penjual pakan ternak ayam di Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi Terdapat dua pola rantai pasok usaha pakan ternak ayam Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi, yaitu : (1) produsen, agen, konsumen; (2) agen, pedagang pengecer dan konsumen terakhir. Pada pemasaran pola 1 agen membeli pakan dari produsen dengan harga Rp. 8.000/kg dijual kembali kepada konsumen dengan harga Rp. 10.000/kg, margin pemasaran sebesar Rp. 2.000/Kg dan keuntungan yang diperoleh Rp. 1.000/kg, pada margin pemasaran pola 2 pedagang pengecer membeli pakan dari Agen dengan harga Rp. 10.000/kg dan dijual kembali kepada konsumen dengan harga Rp.13.000/kg, margin pemasaran sebesar Rp. 3.000/Kg dan keuntungan yang diperoleh Rp. 1.750. Margin pemasaran semakin meningkat apabila rantai pemasaran semakin panjang dikarenakan biaya operasional pedagang yang semakin meningkat. Margin pemasaran semakin meningkat apabila rantai pemasaran semakin panjang dikarenakan biaya operasional pedagang yang semakin meningkat. Kata kunci : Rantai Pasok, Pakan Ternak Ayam, Margin Pemasaran

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up