JudulEFISIENSI PEMASARAN AYAM PEDAGING DI KELURAHAN BIROBULI UTARA KECAMATAN PALU SELATAN KOTA PALU (STUDI KASUS RUMAH PEMOTONGAN AYAM TORINIKU) |
Nama: MOHAMAD FADIL |
Tahun: 2025 |
Abstrak RINGKASAN MOHAMAD FADIL (0121 20 031) Efisiensi Pemasaran Ayam Pedaging Di Kelurahan Birobuli Utara, Kecamatan Palu Selatan, Kota Palu (Studi Kasus Rumah Pemotongan Ayam Toriniku). Dibimbing oleh ibu (Haerani Maksum dan Hj. Ritha Rahayu) Efisiensi pemasaran adalah sebuah cara untuk meminimalisir penggunaan sumber daya guna mencapai hasil yang optimum. Proses ini memerlukan biaya pemasaran yang akan digunakan untuk melakukan fungsi-fungsi pemasaran, hal ini perlu dilakukan adanya perhatian tentang masalah efisiensi pemasaran agar daging ayam potong sampai di tangan konsumen dengar harga yang wajar dan lembaga pemasaran yang terlibat masih mampu menjalankan fungsi pemasaran secara baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efisiensi pemasaran ayam pedaging dan Menganalisis margin pemasaran ayam pedaging di Rumah Pemotongan Ayam Toriniku, Kelurahan Birobuli Utara Kecamatan Palu Selatan Kota Palu. Penelitian ini berlangsung selama 3 bulan, mulai bulan Maret sampai Mei 2024. Metode penelitian yang digunakan adalah Studi Kasus melalui observasi dan wawancara dengan pemilik Usaha Pemotongan Ayam Toriniku yang berada di Kecamatan Palu Selatan. Adapun jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Responden lembaga pemasaran ditentukan dengan metode snowball sampling yaitu teknik menentukan responden dengan cara memperoleh informasi mengenai saluran pemasaran Rumah Pemotongan Ayam Toriniku dari pihak terkait yang diketahui pasti keberadaannya dalam hal ini Peternak, sehingga sampel yang awalnya kecil dapat bertambah dan semakin besar (Nurdiani, 2014). Saluran pemasaran ditentukan melalui pendekatan langsung mengikuti aliran pemasaran ayam pedaging dari produsen sampai ke konsumen akhir dimana responden yang dimaksud dalam penelitian ini adalah Peternak 1 orang, Pedagang pengecer 1 orang (RPA Toriniku) dan konsumen 30 orang. Dianalisi menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian diperoleh bahwa efisiensi pemasaran ayam pedaging di Rumah Pemotongan Ayam Toriniku sangat efisien terlihat pada hasil perhitungan dibawah 33 %. Dan margin pemasaran sebesar Rp. 17.000.- Kata kunci : Efesiensi Pemasaran, Ayam Pedaging, RPA Toriniku |