| JudulStrategi Pengembangan Usaha Ternak Sapi Potong Rakyat Kecamatan Sindue Kabupaten Donggala |
| Nama: SUKMO |
| Tahun: 2025 |
| Abstrak SUKMO (0121 20 020) Strategi Pengembangan Usaha Sapi Potong Rakyat Kecamatan Sindue (Ritha Rahayu dan Yudi Mujayin, 2025) Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi pengembangan usaha peternakan sapi potong diKecamatan Sindue Kab.Donggala. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan September sampai dengan bulan Oktober 2024, bertempat di Desa Dalaka, Lero, Enu Kecamatan Sindue. Responden penelitian sebanyak 56 orang responden. Penelitian ini dilakukan dengan metode survey yaitu penelitian yang mengambil sampel responden dari usaha peternakan dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengambilan data. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data primer dan data sekunder. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dan data yang digunakan adalah analisis SWOT (Strenghts, Weakness, Opportunity, Threat). Berdasarkan hasil analisis SWOT, maka strategi yang dapat di terapkan adalah strategi Tumbuh dan Berkembang. Hasil penelitian faktor internal adalah Penjualan hasil ternak sangat muda,Pemasaran ternak sangat cepat, Pengalaman yang cukup minimal 4 sampai 5 tahun Adanya teknologi IB di masyarakat, Sedangkan kondisi internal usaha peternakan sapi yang menyangkut kelemahan adalah Kurang Tersedianya bahan pakan yang cukup, pakan hijauan yang susah diproleh, memiliki pendidikan yang masih rendah, pola pemeliharaan yang masih tradisional. Kondisi eksternal usaha peternakan sapi yang menyangkut peluang adalah Permintaan daging yang sangat tinggi, Perkembangan usaha peternakan Semakin maju, Kondisi pasar peluang utama dalam usaha peternakan sapi, kotoran dapat dimanfaatkan sebagai pupuk. Sedangkan kondisi eksternal usaha yang menyangkut ancaman meliputi resiko kematian ternak, wabah penyakit, persaingan harga dengan yang lebih murah. Posisi pengembangan usaha peternakan sapi potong berada pada kuadran II adalah strategi tumbuh dan berkembang. . dengan rekomendasi strategi yang paling baik adalah penetrasi pasar serta pengembangan produk, Dapat lebih memaksimalkan pada kekuatan yang sudah dimiliki peternak dan meminimalisir kelemahan yang ada di peternak. Kata Kunci: Faktor Internal-Eksternal, Sapi Potong, Strategi Pengembangan, SWOT |