Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulEfisiensi Pemasaran Ternak Sapi Potong Di Pasar Hewan Biromaru Kabupaten Sig
Nama: MAGFIRAH
Tahun: 2025
Abstrak
MAGFIRAH (O 121 19 286), Efisiensi Pemasaran Ternak Sapi Potong di Pasar Hewan Biromaru Kabupaten Sigi ( Yudi Mujayin dan Sayekti Handayani, 2025). Pemasaran adalah salah satu kegiatan yang diperlukan sebagai cara untuk menjual sapi kepada para konsumen. Sistem pemasaran yang baik akan memudahkan penyaluran sapi dari peternak hingga sapi bisa sampai ke konsumen dengan kondisi yang baik. Setiap jalur pemasaran mempunyai peran dan fungsi tersendiri dalam proses pemasaran. Semakin banyak pelaku pemasaran yang terlibat dalam kegiatan ini semakin banyak pula biaya yang dikeluarkan oleh para pelaku pemasaran akan berpengaruh terhadap selisih harga yang diterima oleh peternak terhadap harga yang dikeluarkan oleh konsumen. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui saluran pemasaran, margin dan efisiensi pemasaran di pasar hewan Biromaru Kabupaten Sigi. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Maret sampai dengan bulan April 2024, bertempat di pasar hewan Biromaru Kabupaten Sigi. Metode yang digunakan yaitu metode survei dengan alat pendukung berupa kuesioner. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data primer dan data sekunder. Pengambilan sampel dilakukan secara snowball sampling atau pengambilan sampel dengan cara pendekatan untuk menentukan informan kunci. Hasil menunjukkan bahwa terdapat 2 saluran pemasaran sapi potong di pasar hewan Biromaru yaitu saluran pemasaran I terdiri dari peternak?konsumen, sedangkan saluran pemasaran II terdiri dari peternak?pedagang pengumpul?konsumen, efisiensi saluran pemasaran ternak sapi potong yang paling efisien adalah saluran pemasaran 1 yakni 1,5?ngan farmer’s share 100%, dan saluran pemasaran II yaitu 3,78?ngan farmer’s share 88,6%. Margin pemasaran ternak sapi potong di pasar hewan Biromaru pada saluran pemasaran I tidak memiliki margin karena peternak langsung menjual ternaknya ke konsumen, sedangkan pada saluran pemasaran II memiliki margin sebesar Rp.1.083.333/ekor. Keuntungan pada pedagang pengumpul yaitu sebesar Rp.789.785/ekor. Kata Kunci : Pemasaran, Margin, Efisiensi, Sapi Potong

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up