JudulEfisiensi Dan Margin Pemasaran Sapi Potong Di Pasar Hewan Pogego Kota Palu Sulawesi Tengah |
Nama: HIJRAH |
Tahun: 2023 |
Abstrak Pemasaran merupakan tindakan-tindakan yang menyebabkan berpindahnya hak milik atau benda-benda dan jasa dari produsen sampai ke konsumen yang menumbuhkan distribusi fisik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran, margin dan efisiensi pemasaran sapi potong di Pasar Hewan Pogego Kota Palu Sulawesi Tengah. Penelitian ini dilakukan di Pasar Hewan Pogego di Kota palu selama 3 bulan, dari Bulan Desember Tahun 2022 hingga Bulan Februari Tahun 2023. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survei dengan alat pendukung berupa kuesioner. Pengambilan sampel dilakukan secara Snowball Sampling atau pengambilan sampel dengan cara pendekatan untuk menemukan informan kunci. Hasil menunjukkan bahwa terdapat 4 saluran pemasaran sapi potong di Pasar Hewan Pogego Kota Palu, saluran pemasaran I, II, III dan IV tergolong efisien, hal ini dapat dilihat dari nilai efisiensi pemasaran sapi potong di Pasar Hewan Pogego Kota Palu menunjukkan bahwa saluran pemasaran I yaitu 1,88?ngan farmer’s share 100%, saluran pemasaran II yaitu 2,11?ngan farmer’s share 94,4%, saluran pemasaran III yaitu 2,34?ngan farmer’s share 91,5?n saluran pemasaran IV yaitu 3,47?ngan farmer’s share 84%. Margin pemasaran ternak sapi potong di pasar hewan Pogego pada saluran pemasaran I tidak memiliki margin karena peternak langsung menjual ternaknya ke konsumen, pada saluran pemasaran II memiliki margin sebesar Rp. 500.000/ekor, sedangkan pada saluran pemasaran III yakni sebesar Rp. 700.000/ekor dan saluran pemasaran IV yakni memiliki margin sebesar Rp. 1.600.000/ekor. Keuntungan tertinggi pemasaran ternak sapi potong di pasar hewan Pogego Kota Palu yaitu pedagang besar pada saluran IV yakni sebesar Rp. 900.000/ekor dan keuntungan paling rendah yakni pedagang pengumpul yaitu sebesar Rp. 350.000/ekor. Kata Kunci: Sapi Potong, Saluran Pemasaran, Efisiensi dan Margin Pemasaran |