JudulStrategi Pemasaran Telur Ayam Ras Petelur Di Desa Bente Kecamatan Bungku Tengah Kabupaten Morowali ( Studi Kasus Peternakan Anugrah Jaya Mandiri ) |
Nama: YUNIARTI PUTRI HUSAIN |
Tahun: 2024 |
Abstrak Yuniarti Putri Husain (O 121 17 348) Strategi Pemasaran Telur Ayam Ras Petelur Di Desa Bente Kecamatan Bungku Tengah Kabupaten Morowali ( Studi Kasus Peternakan Anugrah Jaya Mandiri ). (Dibawah Bimbingan Ritha Rahayu dan Sayaketi Handayani, 2024 ) Ayam ras petelur merupakan ayam-ayam betina dewasa yang dipelihara secara khusus untuk diambil telurnya. Ayam petelur biasanya diternakkan untuk diambil telurnya dan pastinya ayam betina. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari–Maret 2024. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dan Metode penelitian ini adalah Studi kasus dimana dilakukan dengan pemeriksaan yang mendalam terhadap suatu keadaan yang disebut kasus. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan merumuskan strategi pemasaran telur ayam ras dan untuk mengetahui faktor – faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi peternakan Anugrah Jaya Mandiri Di Desa Bente Kecamatan Bungku Tengah Kabupaten Morowali. Responden penelitian terdiri dari pemilik kandang, wakil, manajer kandang dan karyawan kandang. Data yang dikumpulkan terdiri dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara secara langsung. Analisis data yang digunakan yaitu analisis SWOT. Hasil Penelitian terhadap penilaian matriks EFI yaitu 2,939 dan matriks EFE yaitu 2,616 sehingga posisi usaha terletak di sel V dimana usaha seperti ini paling baik dikelola dengan strategi-strategi mempertahankan dan memelihara (hold and maintain ). Strategi yang dapat dilakukan berdasarkan analisis SWOT adalah mempertahankan dengan baik kinerja pelayanan agar kerjasama dengan konsumen terus terjalin sehingga dapat meningkatkan permintaan produk dengan kualitas dan kuantitas produk yang terjamin, sehingga menjaga konsumen tetap terus mau menambah produk peternakan. Lokasi yang strategis juga membuat konsumen mau membeli produk peternakan karena lokasi yang mudah di akses. Menjaga produk rentan terhadap penyakit juga bisa mengurangi resiko gagal panen dan mampu memenuhi permintaan produksi di pasaran. Kata-kata kunci : Analisis Swot, Ayam Ras Petelur, Strategi Pemasaran |