JudulEFISIENSI PEMASARAN AYAM PEDAGING DI KECAMATAN BAHODOPI KABUPATEN MOROWALI |
Nama: BAYANG SADRI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Bayang Sadri Bahar (O 121 17 314) Efisiensi Pemasaran Ayam Pedaging di Kabupaten Morowali Kecamatan Bahodopi (Studi Khasus Pasar Rakyat Bahodopi) dibawah bimbingan (Yudi Mujayin dan Sayekti Handayani). Hal ini disebabkan oleh konsumsi daging ayam pedaging secara nasional cenderung meningkat. Peningkatan jumlah penduduk, perekonomian yang baik, adanya perubahan pola hidup dan polah konsumsi. Kebutuhan masyarakat akan protein cukup tinggi khususnya daging ayam pedaging, Pemasaran adalah suatu proses sosial baik individu maupun kelompok yang terlibat dalam proses tersebut memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan cara menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan produk atau jasa yang bernilai dengan pihak lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efisiensi, margin, dan saluran pemasaran ayam pedaging di Kecamatan Bahodopi Kabupaten Morowali. Penelitian ini dilaksanakan di pasar rakyat bahodopi Kecamatan Bahodopi Kabupaten Morowali pada bulan Februari sampai selesai 2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dan observasi. Pengamatan dilakukan secara langsung di lokasi tempat penelitian dengan menggunakan kuisioner.Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder, data primer di peroleh melalui pengamatan dilapangan (Observasi) dan wawancara dengan responden. Wawancara dengan responden berpedoman pada alat bantu berupa susunan daftar pertanyaan yang dibuat sesuai dengan masalah dan tujuan penelitian. Data sekunder merupakan data-data yang tertulis yang diperoleh dari penulusuran studi pustaka, data-data badan pusat statistik Kabupaten Morowali. Berdasarkan hasil dan penelitian yang telah diuraikan dapat ditarik kesimpulan bahwa margin pemasaran ternak ayam pedaging yang berada di Pasar Rakyat Bahodopi adalah sebesar Rp.6.206.Saluran pemasaran yang pertama yaitu: Peternak - Konsumen akhir. tergolong efisien karena memiliki nilai sebesar 2.48?n Farmer's share 100%, Efisiensi saluran kedua adalah 3.83?n Farmer's share 91.17%. Kata kunci : Ayam Pedaging, Efisiensi Pemasaran, Margin dan Saluran. |