JudulEfisiensi Pemasaran Telur Ayam Ras Di Desa Sibonu Kecamatan Dolo Barat Kabupaten Sigi (Studi Kasus Pada Sibonu Poultry Farm) |
Nama: ARTHUR BRYAN KASESE |
Tahun: 2024 |
Abstrak Arthur Bryan Kasese (O 121 17 251). Efisiensi Pemasaran Telur Ayam Ras Di Desa Sibonu Kecamatan Dolo Barat Kabupaten Sigi (Studi Kasus Pada Sibonu Poultry Farm) (Haerani Maksum dan Sayekti Handayani, 2024). Peternakan adalah subsektor pertanian yang berperan penting dalam pemenuhan kebutuhan protein hewani atau peternakan adalah suatu kegiatan memelihara hewan ternak untuk dibudidayakan serta mendapat keuntungan dari hewan ternak. Pemasaran adalah sebuah kegiatan yang bertujuan untuk menyalurkan sebuah produk dari produsen sampai ke tangan konsumen. Telur adalah salah satu hasil produk peternakan yang mempunyai peran yang sangat penting bagi masyarakat karena harga murah, kandungan gizi tinggi terutama pada kandungan serta memiliki nilai cerna oleh tubuh yang tinggi. Efisiensi pemasaran adalah tujuan akhir dari suatu produk antara biaya dengan nilai produk yang dipasarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran telur ayam ras di Sibonu Poultry Farm dan mengetahui efisiensi pemasaran telur ayam ras berdasarkan biaya pemasaran, margin pemasaran, serta farmer’s share pemasaran di Sibonu Poultry Farm. Penelitian ini telah dilaksanakan di Sibonu Poultry Farm, Desa Sibonu, Kecamatan Dolo Barat, Kabupaten Sigi dari Agustus 2023 - September 2023. Jenis dan metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode studi kasus. Metode penentuan responden dalam penelitian ini menggunakan metode snowball sampling, responden dalam penelitian ini adalah peternak, lembaga pemasaran, dan konsumen. Jenis data dalam penelitian ini ada dua yaitu data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menentukan margin, keuntungan, farmer’s share, serta nilai efisiensi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga saluran pemasaran di Sibonu Poultry Farm tersebut dinyatakan pemasaran yang efisien dikarenakan nilai efisiensi nya diantara 0-33?n saluran pemasaran yang lebih efisien dari ketiga saluran pemasaran tersebut adalah saluran pemasaran I dengan nilai efisiensi pemasaran sebesar 3,52 % Kata Kunci: efisiensi pemasaran, telur ayam ras |