JudulEfisiensi Pemasaran Telur Ayam Ras Di Desa Betaua, Kecamatan Tojo, Kabupaten Tojo Una-Una (Studi Kasus UD. Shafa Farm). |
Nama: NURSANTI DEDELE |
Tahun: 2023 |
Abstrak Nursanti Dedele ( O 121 16 323 ), Efisiensi Pemasaran Telur Ayam Ras di Desa Betaua, Kecamatan Tojo, Kabupaten Tojo Una-Una (Studi Kasus UD. Shafa Farm). Dibimbing oleh ibu ( Haerani Maksum ) dan ( Sayekti Handayani ) Telur ayam ras merupakan komoditi yang diminati masyarakat dikarenakan telur merupakan salah satu produk pangan hasil ternak yang mempunyai peran sangat penting dalam pemenuhan gizi masyarakat. Pemasaran telur yang dilakukan oleh produsen biasanya menggunakan berbagai lembaga pemasaran agar produk telur ayam ras sampai ke tangan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran, menganalisis margin, keuntungan, dan efisiensi pemasaran telur ayam ras pada UD. Shafa Farm di Desa Betaua, Kecamatan Tojo, Kabupaten Tojo Una-Una. Penelitian ini telah dilaksanakan Di Desa Betua, Kecamatan Tojo, Kabupaten Tojo Una-Una pada bulan November 2021 sampai Januari 2022. Dianalisi menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Metode penelitian menggunakan metode studi kasus. Teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, pengamatan terlibat. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu saluran pemasaran, keuntungan, efisiensi pemasaran. Responden lembaga pemasaran ditentukan dengan metode snowball sampling yaitu teknik menentukan responden dengan cara memperoleh informasi mengenai keberadaan dalam hal ini peternak, saluran pemasaran ditentukan melalui pendekatan langsung mengikuti aliran pemasarab telur dari produsen sampai ke konsumen akhir dimana responden yang dimaksud dalam penelitian ini adalah peternak berjumlah 1 orang, pedagang besar 2 orang, Pedagang Pengecer 22 orang dan konsumen 31 orang. Hasil penelitian menunjukkan pada saluran I keuntungan yang diperoleh dari pemasaran telur ayam ras adalah Rp. 926,3, Margin Pemasaran Rp. 933,3, Farmer’s share, 62,67%, Efisiensi Pemasaran 4,6?n untuk Saluran II nilai dengan Keuntungan Rp. 1.232,3, Margin Pemasaran Rp. 1.233, Farmer’s share 50,68%, Efisiensi 3,9 %. Hasil tersebut menunjukan kedua saluran dapat dikatakan efisien dan menunjukkan saluran II lebih efisien dari saluran 1. Kata kunci : Efesiensi Pemasaran Telur Ayam Ras, Farmer’s share, dan Keuntungan |