JudulStrategi Pemasaran Rumah Makan Ayam Geprek Bensu Di Kota Palu |
Nama: NURSUCITRA |
Tahun: 2020 |
Abstrak Rumah Makan Ayam Geprek Bensu di Kota Palu merupakan salah satu Rumah Makan yang menyajikan makanan berbahan dasar ayam, yang diolah menjadi Ayam Geprek. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan merumuskan Strategi Pemasaran Pada Rumah Makan Ayam Geprel Bensu di Kota Palu. Penelitian ini berlangsung selama 1 bulan di Rumah Makan Ayam Geprek Bensu di Kota Palu. Responden dalam penelitian ini adalah 10 orang konsumen, 1 orang manajer, 1 orang pimpinan Ayam Geprek Bensu dan 1 orang manajer Ayam Geprek Toky-Toky sebagai pesaing bisnis. Pengambilan sampel konsumen menggunakan metode Accidental Sampling, sedangkan sampel responden digunakan untuk perumusan strategi pemasaran rumah makan menggunakan metode Purposive Sampling. Responden yang dipilih adalah orang yang mengetahui dan berkepentingan langsung terhadap perumusahn Strategi Pemasaran Rumah Makan Ayam Geprek Bensu Di Kota Palu. Data yang di kumpulkan terdiri dari data primer dan data sekunder. Penelitian ini menggunakan analisis matriks SWOT. Dapat disimpulkan bahwa : Rumah Makan Ayam Geprek Bensu berdasarkan matriks IE berada pada sel IV dengan kategori tumbuh dan membangun dengan strategi penetrasi pasar, pengembangan pasar dan produk. Berdasarkan analisis SWOT diperoleh 5 alternatif strategi yaitu :membuka usaha dipusat kota, mempertahankan kualitas produk, menambah tenaga kerja dibidang pemasaran, mempertahankan produk yang berkualitas untuk melakukan promosi yang lebih banyak lagi dan meningkatkan kegiatan promosi. Perilaku konsumen berdasarkan pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian dan perilaku pasca pembelian. Kata kunci : Faktor Eksternal, Faktor Internal, Strategi Perusahaan, Matriks IE, SWOT. |