Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulEFISIENSI PEMASARAN KAMBING DI PASAR HEWAN POGEGO KOTA PALU
Nama: MOHAMAD AHLAN
Tahun: 2022
Abstrak
RINGKASAN Mohamad Ahlan (O 121 16 296) Efisiensi Pemasaran Kambing di Pasar Hewan Pogego Kota Palu (Sayekti Handayani) Pembangunan peternakan tidak hanya diarahkan pada peningkatan produksi dan pendapatan peternak tetapi diperluas hingga mencakup pembangunan agribisnis secara terpadu. Peternak sebagai subyek pembangunan didorong ke arah pemahaman peternakan menjadi sumber pendapatan. Pembangunan usaha peternakan dilakukan secara sinergis, mulai dari hulu sampai hilir dan tidak berhenti hanya di tingkat produksi, tetapi juga sebagai pelaku paska panen seperti pengolahan dan pemasaran. Penelitian bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran ternak kambing, margin pemasaran ternak kambing dan efisiensi pemasaran ternak kambing di Pasar Hewan Pogego Kota Palu. Penelitian ini telah dilaksanakan di Pasar Hewan Pogego kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah, pada bulan Juni sampai Juli 2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan responden pelaku pemasaran ternak kambing di Pasar Hewan Pogego Kota Palu. Hasil penelitian menunjukan bahwa lembaga pemasaran yang terlibat meliputi peternak, pedagang pengepul serta pembeli. Dua Saluran pemasaran yaitu saluran pertama: Peternak – Konsumen dan saluran kedua: Peternak – Pedagang Pengepul – Konsumen. Fungsi pemasaran yang dilakukan lembaga pemasaran yaitu fungsi pertukaran, fisik dan fasilitas. Kedua saluran pemasaran ternak kambing di Pasar Hewan Pogego Kota Palu tergolong efisien, karena masing-masing saluran pemasaran memiliki efisiensi kurang dari 33?n memiliki farmer’s share lebih besar dari 50%. Nilai efesiensi saluran pemasaran I sebesar 1,73?n farmer’s share 100?isiensi saluran pemasaran II sebesar 1,92?ngan farmer’s share sebesar 88,96% Kata Kunci: Ternak Kambing, Margin, Keuntungan, Efisiensi pemasaran.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up