JudulSTRATEGI PEMASARAN AYAM RAS PETELUR JANTAN DI DESA KOTAPULU KECAMATAN DOLO KABUPATEN SIGI ( STUDI KASUS UD. RAJA PEJANTAN ) |
Nama: MOH ADI SAPUTRA |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Ayam ras petelur jantan memiliki tekstur daging mirip dengan ayam kampung. Bahkan ayam ini dijadikan subtitusi dari ayam kampung di rumah makan karena memiliki produksi lebih cepat sehingga bisa menutupi permintaan pasar yang tinggi. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dan Metode penelitian ini adalah Studi kasus dimana dilakukan dengan pemeriksaan yang mendalam terhadap suatu keadaan yang disebut kasus. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan merumuskan strategi pemasaran ayam ras petelur jantan dan untuk mengetahui faktor – faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi peternakan UD. Raja Pejantan Di Desa Kotapulu Kecamtan Dolo Kabupaten Sigi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei –Agustus 2022. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 5 responden. Pengambilan sampel data pada penelitian ini adalah Studi Kasus. Data yang dikumpulkan terdiri dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara secara langsung. Analisis data yang digunakan yaitu analisis SWOT. Hasil Penelitian terhadap penilaian matriks EFI yaitu 2,952 dan matriks EFE yaitu 2,687 sehingga dapat dilihat posisi usaha terletak di sel V dimana usaha seperti ini paling baik dikelola dengan strategi-strategi mempertahankan dan memelihara (hold and maintain ). Sedangkan matriks SWOT yang dapat digunakan yaitu mempertahankan dengan baik kinerja pelayanan agar kerjasama dengan konsumen terus terjalin sehingga dapat meningkatkan permintaan produk dengan kualitas dan kuantitas produk yang terjamin, sehingga menjaga konsumen tetap terus mau menambah produk peternakan. Lokasi yang strategis juga membuat konsumen mau membeli produk peternakan karena lokasi yang mudah di akses. Menjaga produk renta terhadap penyakit juga bisa mengurangi resiko gagal panen dan mampu memenuhi permintaan produksi di pasaran. Faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi pemasaran ayam ras petelur jantan pada peternakan UD. Raja Pejantan Di Desa Kotapulu Kecamatan Dolo Kabupaten Sigi berdasarkan matriks EFI dan EFE yang menjadi kekuatan adalah memiliki konsumen tetap, kelemahannya ternak ini rentan terhadap penyakit, untuk peluang ketersediaan bahan baku yang cukup sedangakan ancamannya adalah kenaikan harga pakan dan bibit ayam. Kata-kata kunci : Ayam Ras Petelur Jantan, , Strategi Pemasaran |