Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPREFERENSI KONSUMEN TERHADAP MENU AYAM DAN KUALITAS PELAYANAN PADA RUMAH MAKAN PADANG DI KOTA PALU
Nama: IKA SASENTIA
Tahun: 2021
Abstrak
RINGKASAN IKA SASENTIA ( O 121 16 271). Preferensi Kosumen Terhadap Berbagai Menu Ayam dan Kualitas Pelayanan Pada Rumah Makan Padang di Kota Palu (Nova Rugayah 2021) Preferensi merupakan suatu hasrat seseorang untuk memilih suatu barang yang mampu diukur dengan suatu skala keperluan dari produk yang diinginkan, artinya setiap konsumen berhak melakukan suatu evaluasi terhadap barang dan jasa yang benar-benar ingin dibeli dengan memberikan ranking terhadap atribut tersebut.Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui preferensi konsumen dan kualitas pelayanan pada rumah makan padang Kota Palu berdasarkan kepercayaan dan kepentingan konsumen. Penelitian ini dilaksanakan di rumah makan padang Kota Palu 14 - 28 September 2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan jumlah responden penelitian sebanyak 48 orang. Analisis data yang digunakan metode deskriptif kualitatif dan multi atribut Fishbein. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh karakteristik konsumen, umumnya berjenis kelamin wanita sebanyak (68,75%), umur yang paling banyak remaja 18-25 tahun sebanyak (72,91%), pendidikan yang paling banyak adalah SMA sebanyak (60,41%), pekerjaan terbanyak adalah wiraswasta (54,16%), dan pendapatan keluarga/bulan terbanyak adalah Rp 1.000.000-2.000.000 sebanyak (41,66%). Atribut yang menjadi preferensi konsumen terhadap menu ayam dan kualitas pelayanan pada rumah makan padang Kota Palu, yang menduduki urutan pertama berturut-turut yang paling dipertimbangkan sampai dengan yang kurang dipertimbangakan konsumen adalah, cita rasa menu ayam, harga, tingkat kenyamanan rumah makan, kualitas pelayanan dan porsi menu. Hasil penelitian kualitas pelayanandapat diketahui bahwa kualitas pelayanan pada rumah makan padang Kota Palu responden memberi penilaian kategori baik. Hal ini dapat dilihat atribut kualitas pelayanan menduduki urutan keempat adalah kualitas pelayanan dengan nilai kepercayaan dan kepentingan yaitu termasuk dalam skala iterval 4,21-5,00 sangat percaya/sangat penting. Kata Kunci: Preferensi konsumen, Kualitas pelayanan, Karakteristik menu ayam.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up