JudulSTRATEGI PEMASARAN TELUR AYAM RAS DI KELURAHAN DUYU KECAMATAN TATANGA KOTA PALU SULAWESI TENGAH |
Nama: HIJRA |
Tahun: 2022 |
Abstrak Produksi telur ayam ras di sulawesi tengah lebih besar dibandingkan dengan produksi telur lainnya, yakni sebesar 7.836,71 ton, telur itik sebesar 3.621,36 ton, dan telur ayam kampung sebesar 3.405,28 ton (BPS Sulawesi Tengah, 2015). Telur ayam salah satu sumber pangan protein hewani yang populer dan sangat di minati masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran telur ayam ras di Kelurahan Duyu Kec. Tatanga khususnya di Peternakan Ayam Ras Petelur. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survey melalui observasi dan wawancara dengan membuat kuisioner. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui strategi pemasaran telur ayam ras yaitu melalui produsen ke pedagang menengah lalu kewarung-warung dan konsumen. Berdasarkan hasil analisis internal menggunakan IFE diperoleh skor 3,264 dan hasil analisis eksternal menggunakan EFE diperoleh skor 3,000. Sehingga menempatkan pemasaran telur berada pada kuadran I, maka strategi utama yang dapat diterapkan adalah strategi intensif, bentuk strategi penctrasi pasar, pengembangan pasar dan pengembangan produk. Penetrasi pasar atau pertumbuhan dapat dilakukan dengan menambah tenaga kerja. Pengembangan pasar dapat dilakukan dengan menjamin ketersedian telur sehingga tidak mengecewakan pelanggan. Pengembangan produk dapat dilakukan dengan melakukan promosi kepada warung-warung baru. |