JudulPERILAKU KONSUMEN DALAM PEMBELIAN DAGING AYAM POTONG DI KABUPATEN DONGGALA (STUDI KASUS PASAR TRADISIONAL GANTI) |
Nama: ARAFAH |
Tahun: 2020 |
Abstrak RINGKASAN Arafah. O12115288. Perilaku Konsumen dalam Pembelian Daging Ayam Potong di Kabupaten Donggala (Studi Kasus Pasar Tradisional Ganti). Dibawah bimbingan (Dr. Ir. Yudi Mujayin.M.P, 2020). Daging ayam menjadi salah satu sumber pangan hewani yang dikonsumsi oleh berbagai kalangan masyarakat dan dijadikan sebagai alternatif pengganti daging sapi, karena memiliki keistimewaan selain rasa daging yang enak harganya juga terjangkau jika dibandingkan dengan sumber pangan asal hewani lainnya. Kabupaten Donggala memiliki beberapa pasar tradisional yang menyediakan ayam potong untuk kebutuhan masyarakat salah satunya pasar tradisional “Ganti”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap/perilaku konsumen terhadap atribut-atribut daging ayam potong seperti warna daging, tekstur, aroma dan bobot dalam pengambilan keputusan pembelian, serta menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku. Penelitian ini telah dilaksanakan di Pasar Tradisional pada bulan Agustus sampai September 2019. Metode yang digunakan adalah metode survey dan wawancara. Jumlah sampel dalam penelitian yaitu 40 responden. Analisis yang digunakan adalah Analisis Multiatribut dan Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut bobot daging ayam merupakan atribut yang paling dipertimbangkan dalam mengambil keputusan pembelian, kemudian berturut-turut diikuti aroma, warna dan tekstur daging. Dari hasil analisis Regresi Linier Berganda diketahui bahwa harga daging ayam, pendapatan, jumlah anggota keluarga, umur, jenis kelamin, pendidikan dan pekerjaan secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap perilaku konsumen. Namun secara individu yang berpengaruh positif terhadap perilaku konsumen yaitu faktor pendidikan dan pekerjaan konsumen. Kata Kunci: Perilaku Konsumen, Daging Ayam Potong, Pasar Tradisional. SUMMARY Arafah. O12115288. Consumer Behavior in Purchasing Beef Chicken Meat in Donggala District (Case Study of Ganti Traditional Market). Under the guidance (Dr. Ir. Yudi Mujayin.M.P, 2020). Chicken meat is one of the sources of animal food that is consumed by various groups of people and is used as an alternative to beef, because it has special features besides the delicious taste of meat which is also affordable when compared to other sources of animal origin. Donggala Regency has several traditional markets that provide chicken for the needs of the community, one of which is the traditional market "Ganti". This study aims to determine the attitudes / behaviors of consumers towards attributes of cut chicken such as the color of the meat, texture, aroma and weight in purchasing decisions, and to analyze the factors that influence behavior. This research has been carried out at the Traditional Market in August to September 2019. The method used was the survey and interview methods. The number of samples in the study were 40 respondents. The analysis used is Multi-attribute Analysis and Multiple Linear Regression. The results showed that the chicken meat weight attribute was the most considered attribute in making a purchasing decision, then followed by the aroma, color and texture of the meat. From the results of Multiple Linear Regression analysis, it is known that the price of chicken meat, income, number of family members, age, sex, education and work together have a positive effect on consumer behavior. But individually the positive influence on consumer behavior is the factor of consumer education and employment. Keywords: Consumer Behavior, Cut Chicken, Traditional Markets. |